ABSTRAK :
Yogya Chicken merupakan suatu jenis bisnis waralaba yang menawarkan produk
berupa makanan cepat saji dan juga layanan jasa kepada konsumen atau
pelanggannya. Banyaknya usaha waralaba yang sejenis dengan yogya chicken yang
bermunculan saat ini, menjadikan kompetisi di pasar semakin ketat. Salah satu cara
untuk memenangkan persaingan adalah dengan terus meningkatkan mutu
pelayanan agar sesuai bahkan melebihi harapan pelanggan (masyarakat
pengguna). Penelitian ini membahas aplikas/ penerapan metode Quality Function
Deployment (QFD) yang berfungsi untuk menemukan serta menentukan kebutuhan
pelanggan, agar setiap area dan level di dalam organisasi/ manajemen yogya
chicken dapat bertindak terhadap layanan yang seharusnya diberikan. Hasil dari
penelitian ini adalah suatu penetapan target berdasarkan perhitungan kepentingan
teknik. Setiap respon teknik dapat dijadikan sebagai masukan bagi yogya chicen
untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Respon teknik tersebut meliputi : (1)
pembaharuan dan penataan (interior design) fasilitas ruang outlet, inovasi produk
dan layanan yang lebih menarik ,(2)Penyajian Menu (paket yang ditawarkan) perlu
disesuaikan dengan yang diinformasikan ke pelanggan serta harga produk yang
murah, (3)Jam layanan outlet harus sesuai dengan informasi yang disampaikan
pengelola yogya chicken,(4)Karyawan yang bersikap ramah dengan pelannggan,(5)
Penampilan karyawan/kasir yang lebih rapi dan menarik,(6) Kemampuan karyawan
untuk bisa meyakinkan pelanggan,(7) Membangun komunikasi yang baik antara
karyawan dan pelanggan, dalam hal bahasa yang digunakan.
Kata Kunci : Quality Function Deployment, kepuasan pelanggan, Yogya Chicken
|