TRIP DISTRIBUSI PENUMPANG DOMESTIK PESAWAT
UDARA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL
KUALANAMU, BANDAR UDARA INTERNASIONAL
ADISUTJIPTO, DAN BANDAR UDARA INTERNASIONAL
HANG NADIM |
Penulis ANJALI SELVI ARUM ARIMBI
Pembimbing : Dwi Hartini, S.T., M.T - Lazuardy Rahendra Pinandhita,S.T.,M.T.
|
ABSTRAK :
Penduduk di Pulau Jawa dapat mencapai Pulau Sumatera melalui berbagai
jalur transportasi, baik dengan transportasi darat, laut maupun udara. Begitupun
sebaliknya. Akan lebih efesien jika menggunakan jalur transportasi udara.
Kebutuhan pergerakan di Pulau Jawa maupun Pulau Sumatera yang selalu
meningkat akan memberikan dampak secara langsung pada perencanaan
transportasi. Untuk mengoptimalkan pergerakan penumpang di Pulau Jawa dan
Pulau Sumatera perlu dilakukan analisis pergerakan pada masa yang akan datang.
Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data pergerakan asal dan tujuan
penumpang domestik. Data sekunder dianalisis dengan metode trend kuadrat
terkecil untuk memperoleh bangkitan dan tarikan masa mendatang. Hasil bangkitan
dan tarikan diolah menjadi sebaran pergerakan dengan model Furness dan model
Detroit serta perhitungan kesesuain matriks menggunakan Root Mean Square Error
(RMSE). Untuk memudahkan perhitungan peneliti menggunakan software
Microsoft Excel. Hasil dari perhitungan bangkitan dan tarikan tahun 2025 didapat
jumlah penumpang sebanyak 1494769. Sebaran pergerakan dari model Furness
pada rute JOG-KNO, dan BTH-KNO mengalami kenaikan jumlah penumpang.
Pada model Detroit pada rute JOG-BTH, BTH-JOG mengalami kenaikan jumlah
penumpang. Uji kesesuaian matriks model Furness lebih kecil dibandingkan
dengan model Detroit yaitu sebesar 1824,55 dengan %RMSE 1,1072.
Kata Kunci : Pergerakan, Furness, Detroit, Mode
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ANJALI SELVI ARUM ARIMBI |
|
NIM |
: 18050076 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|