ABSTRAK :    
		Lifemedia merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan 
akses internet dan jaringan telekomunikasi untuk masyarakat, pemerintah daerah, 
kecamatan, desa, institusi pendidikan dan komersial. Segmentasi pelanggan 
diperlukan untuk pengelompokan pelanggan berdasarkan karakteristik yang sama 
serta untuk mengetahui perilaku konsumen sehingga dapat menentukan strategi 
pemasaran yang tepat untuk mendorong penjualan. Model RFM yakni variabel 
Recency, Frequency, dan Monetary dapat mendeskripsikan profil atau karakteristik 
setiap segmen. Salah satu metode yang dapat dipergunakan untuk melakukan 
pengelompokan yaitu K-Means, yang berfungsi untuk mengelompokan data 
kedalam bentuk satu atau lebih cluster/kelompok. K-Means merupakan algoritma 
clustering dengan metode partisi yang berbasis titik pusat (centroid). Hasil grafik 
dari metode Elbow yang digunakan sebagai acuan memilih cluster palng optimal 
dalam penerapan metode K-Means. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini 
berjumlah 1418 data dalam rentan waktu antara 2019 bulan November-2023 bulan 
April. Pada penelitian ini diperoleh cluster paling optimal adalah 3 cluster. Nilai 
SSE yang diperoleh untuk jumlah K=3 adalah 21,48038. Dengan analisi 
menggunakan model RFM maka cluster paling menguntungkan adalah cluster ke2 dengan 382 anggota.
Kata Kunci : Segmentasi pelanggan, K-Means clustering, RFM
  |