ABSTRAK :
Kanopi pesawat KT-1B merupakan komponen penting yang menjamin
keselamatan pilot selama penerbangan. Kegagalan kanopi dapat menyebabkan
konsekuensi bencana, termasuk hilangnya nyawa dan kerusakan properti. Oleh karena
itu, penting untuk melakukan analisis kegagalan kanopi untuk mengidentifikasi mode
kegagalan potensial dan menerapkan langkah-langkah untuk mencegahnya.
Economic Order Quantity (EOQ) merupakan metode yang telah banyak
digunakan dalam industri penerbangan untuk meningkatkan kehandalan dan keamanan
pesawat terbang. EOQ adalah pendekatan sistematis yang melibatkan identifikasi fungsi
dan mode kegagalan potensial dari setiap komponen, menentukan konsekuensi
kegagalan, dan menerapkan strategi pemeliharaan yang tepat untuk mencegah atau
mengurangi dampak kegagalan.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kegagalan kanopi pesawat KT1B dengan menggunakan metode EOQ dan metode Trend Least Square (TLS). TLS
adalah metode statistik yang digunakan untuk menganalisis tren data dari waktu ke
waktu. Studi ini melibatkan kajian komprehensif dari literatur yang tersedia di kanopi
KT-1B dan wawancara dengan para ahli di lapangan. Studi ini mengidentifikasi fungsi
dan potensi mode kegagalan kanopi, menentukan konsekuensi kegagalan, dan
merekomendasikan strategi pemeliharaan yang tepat untuk mencegah atau mengurangi
dampak kegagalan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mode kegagalan kanopi KT-1B yang paling
umum terkait dengan mekanisme kait kanopi, penutup kanopi, dan kaca kanopi.
Konsekuensi dari mode kegagalan ini berkisar dari kerusakan kecil pada pesawat hingga
hilangnya nyawa.
Kata Kunci : Reliability Centered Maintenance, KT-1B, Trend Least Square,
Unschedule Maintenance
|