| ABSTRAK :
 Aplikasi keluhan pelanggan melalui webchat dibuat untuk mendukung Dinas 
Kominfo bidang layanan informatika Gunungkidul dalam melakukan pelayanan 
dengan efektif. Semua keluhan pelanggan akan dicatat dan ditindaklanjuti. 
Kumpulan keluhan yang ada akan diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok 
yaitu keluhan CCTV, keluhan aplikasi, keluhan server, atau keluhan jaringan 
lokal. Metode yang digunakan untuk proses klasifikasi adalah metode Naïve 
Bayes Classifier. Data training yang dikumpulkan dengan total 450 data 
digunakan sebagai data pembelajaran untuk mengklasifikasikan keluhan. Data 
tersebut diambil dari hasil wawancara dengan pegawai DISKOMINFO bidang 
Layanan Informatika Gunung Kidul, mahasiswa, pegawai dinas, dan internet. 
Data testing digunakan untuk menguji sejauh mana sistem berhasil melakukan 
klasifikasi dengan benar. Data testing dengan total 100 data diambil dari hasil 
survei yang dilakukan menggunakan google form. Hasil penelitian menghasilkan 
akurasi 92%. Akurasi yang tinggi membuktikan bahwa metode Naïve Bayes dapat 
digunakan untuk membantu mengaeklasifikasikan keluhan melalui webchat yang 
dikirim oleh pengguna.
Kata Kunci: Klasifikasi keluhan pelanggan, Sentimen analisis, Naïve Bayes Classifier
 
 |