© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

KLASIFIKASI KELUHAN PELANGGAN MELALUI WEBCHAT PADA DISKOMINFO BIDANG LAYANAN INFORMATIKA MENGGUNAKAN SENTIMEN ANALISIS
Penulis
ANGGI DEWA KURNIAWAN
Pembimbing : Astika Ayuningtyas S.Kom., M.Cs - Sudaryanto, S.T., M.Eng

ABSTRAK :
Aplikasi keluhan pelanggan melalui webchat dibuat untuk mendukung Dinas Kominfo bidang layanan informatika Gunungkidul dalam melakukan pelayanan dengan efektif. Semua keluhan pelanggan akan dicatat dan ditindaklanjuti. Kumpulan keluhan yang ada akan diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok yaitu keluhan CCTV, keluhan aplikasi, keluhan server, atau keluhan jaringan lokal. Metode yang digunakan untuk proses klasifikasi adalah metode Naïve Bayes Classifier. Data training yang dikumpulkan dengan total 450 data digunakan sebagai data pembelajaran untuk mengklasifikasikan keluhan. Data tersebut diambil dari hasil wawancara dengan pegawai DISKOMINFO bidang Layanan Informatika Gunung Kidul, mahasiswa, pegawai dinas, dan internet. Data testing digunakan untuk menguji sejauh mana sistem berhasil melakukan klasifikasi dengan benar. Data testing dengan total 100 data diambil dari hasil survei yang dilakukan menggunakan google form. Hasil penelitian menghasilkan akurasi 92%. Akurasi yang tinggi membuktikan bahwa metode Naïve Bayes dapat digunakan untuk membantu mengaeklasifikasikan keluhan melalui webchat yang dikirim oleh pengguna. Kata Kunci: Klasifikasi keluhan pelanggan, Sentimen analisis, Naïve Bayes Classifier


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ANGGI DEWA KURNIAWAN
NIM : 16030075
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024