ABSTRAK :
Diera globalisasi dan era informasi yang begitu cepat, serta persaingan usaha yang begitu ketat menuntut kegiatan usaha lokal baik berskala kecil, menengah, dan skala besar untuk bisa berpacu memperkenalkan dan berusaha menarik hati kepada konsumen tentang produk-produk yang dijualnya. Sehingga dengan keadaan tersebut penulis beranggapan penting bagi pelaku usaha terutama usaha kecil menengah yang kegiatannya memproduksi dan atau mengemas hasil produksi, seyogyanya memiliki karakter yang kuat terhadap hasil produknya.
Untuk memunculkan karakter tersebut diperlukan suatu pendekatan yang baik, sistematis, dan terukur yang bisa mengakomodasi sumberdaya yang dimiliki pelaku usaha meskipun memiliki keterbatasan baik dari permodalan, peralatan, dan pengalaman. Hal tersebut diatas yang meninspirasikan penulis untuk mengangkat tema tentang pengembangan produk pada kegiatan industri rumahan yang bergerak dibidang pengemasan makanan ringan / camilan, yang baru berjalan 4 tahun.
Dengan perencanaan dan pengembangan produk camilan dalam kemasan yang dibuat ini, nantinya diharapkan dapat memberikan nilai jual yang lebih mudah diserap dipasaran.Selain itu, dari pengembangan produk ini, konsumen juga dapat merasakan manfaat yang lebih pula dari produk yang dibeli.
|