ABSTRAK :
Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta merupakan Perangkat Daerah yang
mempunyai tugas membantu Walikota melaksanakan urusan pemerintahan di
bidang perdagangan. Dinas Perdagangan memiliki 4 seksi yang salah satunya
adalah Sarana dan Prasarana. Seksi Sarana dan Prasarana memiliki tugas untuk
menangani berbagai keluhan terkait fasilitas yang berada di seluruh Pasar Kota
Yogyakarta dan keluhan tersebut dapat terjadi hampir setiap harinya dalam
seminggu. Keluhan tersebut dikategorikan sebagai 2 jenis yaitu perbaikan dan
pemeliharaan dengan sistem kerja persentase yaitu 0%,50%, dan 100%.
Dikarenakan seringnya terjadi laporan berdasarkan kategori tersebut maka
diperlukannya sistem Visualisasi Data guna memudahkan petugas Sarana dan
Prasarana dalam memprioritaskan keluhan tersebut berdasarkan presentase grafik
yang ditampilkan. Grafik berupa diagram batang pada sistem Visualisasi Data
tersebut akan menampilkan jumlah perbaikan dan pemeliharaan yang terjadi yaitu
berdasarkan dari tanggal ke tanggal, bulan ke bulan, dan tahun ke tahun.Dan juga
terdapat grafik pie yang akan menampilkan proses persentase uraian pekerjaan
berupa 0%, 50%, dan 100% yang mana akan memudahkan petugas dalam
menangangi suatu keluhan yang belum terselesaikan dengan meliat grafik tersebut
dan kemudian meliat secara detail yang terdapat pada fitur uraian pekerjaan
tersebut. Sistem ini juga telah diuji menggunakan pengujian User Acceptance Test
(UAT), yaitu dengan menunjukkan hasil 90% yang dapat diterima oleh pihak
petugas Seksi Sarana dan Prasarana Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta. Dan
juga sudah dilakukan uji fungsional menggunakan metode black box dengan hasil
yang diharapkan.
Kata Kunci : Dinas Perdagangan, Kota Yogyakarta, Visualisasi Data, Sarana dan
Prasarana, User Acceptance Test.
|