ABSTRAK :
Wing adalah bagian pesawat atau UAV yang menghasilkan gaya angkat
dengan menciptakan perbedaan tekanan antara bagian atas dan bawah. Tekanan
yang lebih besar di bawah wing menghasilkan gaya angkat. Namun, ini juga
menciptakan vortex atau pusaran udara, yang disebut induced drag. Vortex ini
memiliki energi kinetik rotasi dan translasi yang besar.Sehingga diperlukan winglet
untuk mengurangi vortex yang terjadi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik aerodinamika dari
wing MH 30 dengan memvariasikan sudut canted winglet pada sayapnya. Penelitian
ini melibatkan 2 variasi sudut canted winglet. Pemodelan dan simulasi pesawat
dilakukan menggunakan perangkat lunak Solidwork dan ANSYS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa wing MH 30 dengan sudut canted
winglet 40° meningkatkan nilai koefisien lift dibandingkan dengan sudut canted
winglet 30° memiliki nilai koefisien lift tertinggi dengan nilai sebesar 1,54678 dan
memiliki nilai koefisien drag terendah dengan nilai sebesar 0,03991. Secara
keseluruhan, wing MH 30 dengan sudut canted winglet 40° memiliki nilai CL/CD
tertinggi sebesar 40,021 pada sudut serang 8°, menunjukkan bahwa sudut canted
winglet 40° adalah sudut canted winglet yang optimal.
Kata Kunci : Canted Winglet, Aerodinamika, ANSYS, Solidwork, wing MH 30
|