ABSTRAK :
Propeller merupakan bagian utama penggerak pesawat terbang yang perlu
diperhatikan dari segi karakteristiknya. Pesawat terbang memiliki karakteristik
yang berbeda-beda, untuk itu pemilihan propeller sangat penting untuk
memaksimalkan performa dari pesawat terbang tersebut. Maka dari itu perlu
dilakukan uji coba performa dari propeller untuk mengetahui karakteristik dari
propeller tersebut.
Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui pengaruh advance ratio
terhadap koefisien dan perbandingan efisiensi antara dua propeller dengan bentuk
ujung blade yang berbeda menggunakan metode computational fluid dynamics.
Pada penelitian ini menggunakan variasi putar propeller 2100, 2250, 2400, 2550,
dan 2700 rpm. Dan dengan variasi kecepatan aliran udara bebas 5, 10, 15, 20, 25,
30, 35, 40, 45, 50, 55, dan 60 m/s. propeller dimodelkan menggunakan software
Solidworks dan disimulasikan menggunakan software Ansys fluent.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa advance ratio berpengaruh pada
koefisien thrust, koefisien torque, dan koefisien power yang dihasilkan oleh
propeller. Pada advance ratio rendah koefisien yang dihasilkan besar, dan pada
advance ratio tinggi koefisien yang dihasilkan menurun. Dari perbandingan
efisiensi menunjukan, pada advance ratio rendah propeller-2 lebih efisien
daripada propeller-1, dan pada advance ratio tinggi propeller-1 lebih efisien
daripada propeller-2 dengan puncak efisiensi sebesar 73,91% dan 71,78% pada
propeller-2.
Kata Kunci: Propeller, Thrust, Computational Fluid Dynamics, Propeller
Efficiency, Advance Ratio, Velocity
|