© jkj,gwww.itda.ac.id 2022

Detail Skripsi

PERANCANGAN PENCAHAYAAN DAN JARAK PANDANG YANG ERGONOMIS DI RUANG KELAS
Penulis
IRNA ROSIANA
Pembimbing : Eko Poerwanto, ST., M.Cs - Yasrin Zabidi, ST., MT

ABSTRAK :
Ruang kelas mempunyai peranan yang penting dalam menunjang proses belajar mahasiswa. Untuk itu, ruang kelas harus didesain seergonomis mungkin agar mahasiswa merasa nyaman ketika proses belajar berlangsung terutama pada pencahayaan ruangan dan jarak kursi terhadap layar displai. Pencahayaan ruangan dan jarak kursi mempengaruhi mahasiswa untuk dapat melihat slide yang ditampilkan oleh dosen. Untuk itu, perlu dilakukan penyesuaian cahaya yang ergonomis untuk dapat melihat displai dan menentukan jarak pandang dari tempat duduk yang optimal. Untuk dapat mengetahui hal tersebut, maka perlu dilakukan pengukuran pada variabel cahaya dan jarak kursi menggunakan percobaan slide dengan warna dan ukuran huruf tertentu. Dalam pengukuran ini perlakuan cahaya dibagi menjadi 3 kondisi, dan jarak kursi menjadi 8 baris dengan eksperimen slide sebanyak 6. Hasil pengukuran ini kemudian diolah menggunakan uji beda. Hasil perhitungan uji beda menunjukan kondisi pencahayaan yang ergonomis adalah pada kondisi 3 (4 lampu menyala) dan displai slide yang ergonomis adalah slide dengan background cokelat tulisan putih dengan ukuran huruf 28 (H= 0,99 cm) jenis times new roman karena dalam 1 slide dapat menampilkan ± 9 kalimat dan pada ukuran huruf ini dapat dikatakan sesuai dengan kaidah ergonomi slide. Jumlah kursi yang optimal pada ruangan seluas 60 m2 adalah sebanyak 7 baris yaitu 9 m dengan jarak antar baris kursi adalah 40 cm. Kata kunci : Pencahayaan, jarak pandang, displai, uji beda xiii


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : IRNA ROSIANA
NIM : 10020019
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2022