ABSTRAK :
Ruang kelas mempunyai peranan yang penting dalam menunjang proses
belajar mahasiswa. Untuk itu, ruang kelas harus didesain seergonomis mungkin
agar mahasiswa merasa nyaman ketika proses belajar berlangsung terutama pada
pencahayaan ruangan dan jarak kursi terhadap layar displai.
Pencahayaan ruangan dan jarak kursi mempengaruhi mahasiswa untuk
dapat melihat slide yang ditampilkan oleh dosen. Untuk itu, perlu dilakukan
penyesuaian cahaya yang ergonomis untuk dapat melihat displai dan menentukan
jarak pandang dari tempat duduk yang optimal.
Untuk dapat mengetahui hal tersebut, maka perlu dilakukan pengukuran
pada variabel cahaya dan jarak kursi menggunakan percobaan slide dengan warna
dan ukuran huruf tertentu. Dalam pengukuran ini perlakuan cahaya dibagi
menjadi 3 kondisi, dan jarak kursi menjadi 8 baris dengan eksperimen slide
sebanyak 6. Hasil pengukuran ini kemudian diolah menggunakan uji beda.
Hasil perhitungan uji beda menunjukan kondisi pencahayaan yang
ergonomis adalah pada kondisi 3 (4 lampu menyala) dan displai slide yang
ergonomis adalah slide dengan background cokelat tulisan putih dengan ukuran
huruf 28 (H= 0,99 cm) jenis times new roman karena dalam 1 slide dapat
menampilkan ± 9 kalimat dan pada ukuran huruf ini dapat dikatakan sesuai
dengan kaidah ergonomi slide. Jumlah kursi yang optimal pada ruangan seluas 60
m2 adalah sebanyak 7 baris yaitu 9 m dengan jarak antar baris kursi adalah 40 cm.
Kata kunci : Pencahayaan, jarak pandang, displai, uji beda
xiii
|