ABSTRAK :
Pesawat VTOL VX-2 adalah modifikasi dari VX-1 untuk pemantauan lalu
lintas. VX-1 memiliki kendala: ruang sempit di fuselage, rancangan sayap yang
kurang fleksibel, dan sambungan sayap-fuselage yang kurang kuat. VX-2
diperbaiki untuk meningkatkan efisiensi dan performa aerodinamika dengan
penambahan canted winglet.
Dalam penelitian ini, digunakan komputasi dengan menggunakan perangkat
lunak berbasis CFD (Computational Fluid Dynamics) untuk memprediksi
karakteristik aerodinamika dan fenomena aliran udara di sekitar wing tanpa winglet
dan dengan penggunaan winglet. Model yang digunakan adalah wing VTOL VX-2
dengan profil NACA 4412 yang dibuat menggunakan perangkat lunak SolidWorks
2018, dan simulasi dilakukan menggunakan perangkat lunak ANSYS CFX 2023.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai coefficient of lift dan coefficient
of drag pada wing UAV VX-2 dengan penambahan canted winglet sebesar 20,48%
dari wing UAV VX-2 tanpa penambahan winglet. Peningkatan sudut serang
berkontribusi pada peningkatan nilai coefficient of lift dan coefficient of drag.
Setelah mencapai sudut serang 4°, grafik nilai coefficient of lift atau coefficient of
drag pada variasi wing UAV VX-2 dengan penambahan canted winglet
menunjukkan peningkatan yang signifikan pada nilai coefficient of lift atau
coeficient of drag dibandingkan dengan wing UAV VX-2 tanpa penambahan
winglet .
Kata kunci: UAV VTOL VX-2, coefficient of lift, coefficient of drag, sudut
serang
|