© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN WINGLET PADA WING UAV VX-2 TERHADAP KARAKTERISTIK AERODINAMIKA
Penulis
PRASHA ARVAN HAFIZH
Pembimbing : Dedet Hermawan setaiabudi, S.T., M.T - Ir.Sudarmanto, M.T.

ABSTRAK :
Pesawat VTOL VX-2 adalah modifikasi dari VX-1 untuk pemantauan lalu lintas. VX-1 memiliki kendala: ruang sempit di fuselage, rancangan sayap yang kurang fleksibel, dan sambungan sayap-fuselage yang kurang kuat. VX-2 diperbaiki untuk meningkatkan efisiensi dan performa aerodinamika dengan penambahan canted winglet. Dalam penelitian ini, digunakan komputasi dengan menggunakan perangkat lunak berbasis CFD (Computational Fluid Dynamics) untuk memprediksi karakteristik aerodinamika dan fenomena aliran udara di sekitar wing tanpa winglet dan dengan penggunaan winglet. Model yang digunakan adalah wing VTOL VX-2 dengan profil NACA 4412 yang dibuat menggunakan perangkat lunak SolidWorks 2018, dan simulasi dilakukan menggunakan perangkat lunak ANSYS CFX 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai coefficient of lift dan coefficient of drag pada wing UAV VX-2 dengan penambahan canted winglet sebesar 20,48% dari wing UAV VX-2 tanpa penambahan winglet. Peningkatan sudut serang berkontribusi pada peningkatan nilai coefficient of lift dan coefficient of drag. Setelah mencapai sudut serang 4°, grafik nilai coefficient of lift atau coefficient of drag pada variasi wing UAV VX-2 dengan penambahan canted winglet menunjukkan peningkatan yang signifikan pada nilai coefficient of lift atau coeficient of drag dibandingkan dengan wing UAV VX-2 tanpa penambahan winglet . Kata kunci: UAV VTOL VX-2, coefficient of lift, coefficient of drag, sudut serang


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : PRASHA ARVAN HAFIZH
NIM : 19040004
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024