ANALISIS KEGAGALAN WINDSHIELD BOEING 737-800NG
MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE EFFECTS AND
CRITICALITY ANALYSIS |
Penulis BAGUS RIZKI MAHENDRA
Pembimbing : Dwi Hartini, S.T., M.T - Lazuardy Rahendra Pinandhita,S.T.,M.T.
|
ABSTRAK :
Windshield merupakan komponen yang penting dalam mengoperasikan
pesawat terbang, kondisi Windshield dapat mempengaruhi pengelihatan pilot untuk
melihat situasi di luar pesawat, tepatnya di depan pesawat. Kegagalan Windshield
dapat merambat sehingga berpotensi terjadinya kegagalan lain yang dapat
membahayakan keselamatan penerbangan. Untuk itu sebaiknya dilakukan
identifikasi dari terjadinya potensi resiko kegagalan pada Windshield. Penelitian ini
bertujuan unuk mengalalisis terjadinya kegagalan pada Windshield.
Penelitian ini menggunakan metode Failure Mode Effect and Criticality
Analysis. Metode ini menggunakan dua metode yaitu Failure Mode Effect Analysis
(FMEA) dan Criticality Analysis (CA). Metode ini mengidentifikasi potential
failure dan menentukan tingkat kekritisan suatu mode kegagalan.
Hasil analisis dapat menentukan nilai Risk Priority Number yang terjadi pada
Delamination dengan nilai RPN sebesar 294, yang menandakan bahwa komponen
ini merupakan komponen yang memiliki tingkat resiko terjadinya paling tinggi.
Hasil Criticality Analysis menunjukkan mode kegagalan Crack memiliki tingkat
kekritisan paling tinggi dengan nilai Cm 99 dan Cr 990.
Kata Kunci : Pesawat Boeing 737-800NG, Windshield, Failure Mode Criticality Analysis
(FMECA),
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: BAGUS RIZKI MAHENDRA |
|
NIM |
: 18050034 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|