© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PENGENDALI LEAD COMPENSATOR PADA DUTCH ROLL BOEING 747 DENGAN MENGGUNAKAN METODE FREQUENCY RESPONSE
Penulis
ANGGA RAMA YUSUF
Pembimbing : Paulus Setiawan S.T., M.T. - Ir. Sutjianto S, M.T.

ABSTRAK :
kendali adalah suatu sistem yang dapat memerintah, mengarahkan dan mengelola komponen dan perangkat untuk bekerja sesuai yang diinginkan. Sistem kendali juga terdapat pada pesawat terbang yang bertujuan untuk mengendalikan pesawat pada saat di udara salah satunya adalah aileron. Aileron berfungsi untuk melakukan gerakan rolling pada sumbu lateral, dari gerakan tersebut terdapat beberapa jenis gerakan yakni salah satunya adalah dutch roll. Saat pesawat terbang bergerak di udara maka pengendalian pesawat melalui aileron menjadi tidak stabil yang disebabkan adanya udara yang tidak beraturan (Turbulensi). Oleh karena itu diperlukan suatu metode untuk menstabilkan keadaan masalah tersebut agar pesawat dapat melakukan gerakan dengan lencar dan aman. dutch roll merupakan gerakan antara hubungan kendali rolling dengan sumbu lateral yang diakibatkan oleh pergerakan aileron. Spesifikasi Dutch roll diketahui melalui data parameter gerak lateral pesawat Boeing 747. Data parameter tersebut digunakan untuk menghitung nilai transfer function dimana nilai tersebut akan disimulasikan pada simulink untuk mendapatkan titik root locus. Titik root locus tersebut akan digunakan untuk menghitung nilai damping yang selanjutnya menghitung nilai lead compensator yang berfungsi untuk menstabilkan sistem kendali dutch roll hasil sistem kendali dutch roll ini diuji dengan metode lead compensator untuk menghasilkan tingkat kestabilan yang lebih baik, pada pengujian dengan root locus mendapatkan 5% lebih stabil dari tanpa lead compesator, kemudian di uji pada analisis bode diagram mendapatkan hasil 10% lebih stabil dari pengujian sebelumnya (root locus), kemudian pada pengujian analisis bode diagram 5%, mendapatkan hasil lebih stabil dari pengujian analisis bode diagram sebelumnya (10%) dan pada pengujian analisis bode diagram 2,5%, mendapatkan hasil lebih stabil dari pengujian analisis bode diagram sebelumnya (5%). Kata Kunci: Dutch Roll, Rolling, Flight Control, Aileron, Lead Compensator, Simulink.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ANGGA RAMA YUSUF
NIM : 16010075
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024