ABSTRAK :
Pesawat UAV V-SKY 14 NG dengan tujuan pemantauan lalu lintas jalan
raya kompleks kampus ITD Adisutjipto dan sekitarnya ini memiliki kemampuan
khusus dalam melakukan take off dan landing secara vertical atau VTOL. Namun
dari desain terbaru yang telah di selesaikan oleh peneliti sebelumnya material
pada sayap UAV V-SKY 14 NG tersebut masih menggunakan styrofoam yang
merupakan material yang tingkat kekuatannya rendah. Oleh karena itu pada
penelitian kali ini penulis ingin melakukan analisis sayap UAV V-SKY 14 NG
dengan beberapa variasi material yang digunakan, dan juga menambahkan variasi
pada ketebalan skin. Material yang digunakan pada penelitian kali ini dengan
konfigurasi material komposit sandwich. Dengan tujuan ingin mendapatkan
konfigurasi dari sayap yang lebih kuat dan lebih baik.
Objek penelitian pada Tugas Akhir ini adalah sayap dari pesawat UAV VSKY 14 NG, untuk menganalisis kekuatan strukturnya menggunakan software
ANSYS dengan tahapan engineering data, geometry, model, ansys composite
prepost, setup, solution, dan result. Pembebanan yang dilakukan adalah beban
take-off pada batang VTOL, kondisi maneuver dan beban torsi dengan tumpuan
pada stringer, core dan layer skin untuk dapat mengetahui nilai tegangan yang
terjadi dan tingkat keamanan strukturnya.
Tegangan maksimum beban manuver pada konfigurasi sayap dengan
ketebalan skin 1,38 mm material Epoxy Carbon Woven (230 GPa) Wet dengan
sudut serat 0⁰-90⁰ sebesar 4,5458 Mpa. Nilai failure criteria skin beban manuver
terdapat pada layer ke-5 sebesar 0,003721. Sehingga struktur sayap tersebut
dinyatakan aman menurut perhitungan kriteria Tsai-Hill.
Kata Kunci: UAV V-SKY 14 NG, Analisis Struktur, Vertical Take-off Landing,
failure criteria.
|