ABSTRAK :
dara, meliputi area Terminal dan Landisde. Tugas petugas AOLT adalah
melakukan pemantauan secara terus menerus terhadap seluruh pelayanan
penunjang Bandar Udara guna meningkatkan kualitas pelayanan operasional di
bandar udara. Oleh karena itu beban kerja dan kinerja petugas AOLT harus
diperhatikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan operasional di area Bandar
Udara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh beban kerja dan
kinerja karyawan terhadap kualitas pelayanan operasional unit Airport Operation
Landside and Terminal dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Proses pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan data primer. Sumber data primer diperoleh
melalui wawancara dan penyebaran kuesioner yang disebarkan secara langsung
kepada petugas Airport Operation Landside and Terminal di Bandar Internasional
Yogyakarta. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas,
uji multikoloniearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, uji statistik
T, uji statistik F (ANOVA), dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil uji anova dapat
dilihat nilai Fhitung>Ftabel yang dapat diperoleh (25,067 > 4,171) dan menunjukkan
nilai sig < tingkat signifikan (0,000 < 0,05) untuk variabel beban kerja dan kinerja
karyawan secara keseluruhan memiliki efek yang signifikan terhadap kualitas
pelayanan operasional. Nilai yang di tentukan yaitu nilai Adjusted R Square
menunjukan bahwa adanya hubungan sebesar 0,601 atau 60,1% dapat diartikan
bahwa secara signifikan variabel beban kerja dan kinerja karyawan terhadap
kualitas pelayanan operasional memiliki pengaruh 60,1% dari 100% memiliki sisa
39,9% dari faktor lain dari internal maupun eksternal yang dapat mempengaruhi
kualitas pelayanan dalam suatu Bandar Udara.
Kata Kunci: Beban Kerja, Kinerja, Petugas Airport Operation Landside and
Terminal, Kualitas Pelayanan Operasional, Analisis Variasi.
|