ABSTRAK :
Pelayanan penerbangan merupakan salah satu sarana transportasi yang paling populer
di indonesia saat ini. Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan jumlah
perusahaan domestik dan internasional yang mengoperasikan dan menyediakan
layanan transportasi dengan berbagai fasilitas dan biaya. Media sosial Twitter menjadi
tempat berpendapat para penumpang. Hal ini digunakan sebagai penelitian untuk
komentar penumpang pada media sosial Twitter. Penelitian ini bertujuan membuat
suatu model analisis sentimen menggunakan metode clustering K-Means terhadap
komentar penumpang garuda indonesia yang bersifat positif atau negatif. Penelitian
ini menganalisis mengenai komentar penupang dari Twitter menggunakan metode
clustering K-Means dengan nilai k=2, pengambilan data menggunakan website netlytic
yang diambil mulai dari tanggal 30 Desember 2022 – 25 Februari 2023 menghasilkan
data sebanyak 3.779 data tweet. Data yang diambil merupakan data yang berkaitan
dengan pelayanan. Data training sebanyak 413 data, dengan rincian 213 data berlabel
positif dan 200 data berlabel negatif. Sedangkan untuk data testing yang digunakan
sebanyak 142 tweet dengan rincian 64 data positif, dan 78 data negatif dengan nilai
akurasi sebesar 95,07%.
Kata Kunci : K-Means, clustering, Pelayanan, Garuda Indonesia.
|