ANALISIS KEGAGALAN KOMPONEN THRUST REVERSER
PADA ENGINE CFM 56-7b PESAWAT BOEING 737-800NG
MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE EFFECT
ANALYSIS (FMEA) |
Penulis ALEKS FRANCISKO RAJAGUKGUK
Pembimbing : Kris Hariyanto, S.T.,M.T. - Ir. Djarot Wahyu Santoso, M.T
|
ABSTRAK :
Thrust Reverser adalah komponen yang dapat membantu pesawat dalam
menurunkan kecepatan pesawat setelah mendarat (landing) atau selama rejected
take-off (RTO). Oleh karenanya perawatan terhadap Thrust Reverser harus
sangat diperhatikan agar selalu dalam kondisi laik terbang. Untuk itu diperlukan
analisis penyebab terjadinya kegagalan pada komponen yang ada pada system
thrust reverser engine CFM56-7 Boeing 737-800 NG. Penelitian ini menguji
beberapa komponen antara dan dianalisis menggunakan metode Failure Mode
Effects Analysis (FMEA), FMEA (Failure Mode Effects Analysis) ini dilakukan
dengan cara mengindentifikasi potential failure, Setelah dianalisis maka
didapatkan hasil pengujian FMEA yaitu perhitungan nilai RPN berupa nilai
tertinggi dan komponen yang sering terjadi kerusakan adalah Blocker Door
dengan nilai RPN sebesar 240, Komponen tersebut harus diprioritaskan dalam
melakukan perawatan karena memiliki risiko yang sangat tinggi.
Kata Kunci: Pesawat Boeing 737-800NG, RPN (Risk Priority Number), Failure
Mode Effects Analysis (FMEA).
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ALEKS FRANCISKO RAJAGUKGUK |
|
NIM |
: 19050033 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|