ABSTRAK :
Electric Ducted Fan (EDF) merupakan propulsi berjenis electric yang
menggunakan motor dan energi listrik sebagai power utama dalam
menjalankannya. EDF memiliki beberapa komponen seperti inlet duct, fan, motor
electric, dan outlet duct. EDF dapat menghasilkan gaya dorong yang lebih besar
dibandingkan dengan motor-propeller dengan ukuran diameter dan jenis motor
yang sama. Hal tersebut diakibatkan penggunaan duct sebagai penambah
kecepatan aliran udara pada EDF. Oleh sebab itu peneliti mengkaji pengaruh
bentuk duct terhadap performa EDF.
Metode yang digunakan adalah metode komputasi numerik. Dengan
diameter inlet 91mm, diameter outlet 81,9mm serta variasi duct pada radius inlet
lip duct dan sudut outlet. EDF dibuat dalam bentuk 3 dimensi dengan
menggunakan software SolidWorks. Setelah mendapatkan bentuk 3 dimensi, EDF
dianalisis menggunakan software Ansys.
Hasil dari analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa model EDF
modifikasi dengan variasi radius inlet lip duct 14%dt dan sudut outlet 14 derajat
memiliki performa yang lebih optimal jika dibandingkan dengan hasil EDF model
awal kecepatan fluida pada 𝑠𝑒𝑐𝑡𝑖𝑜𝑛 4 meningkat 14% dan gaya dorong
meningkat 5%.
Kata Kunci: EDF, CFD, Duct, Aerodinamika
|