© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KEANDALAN HYDRAULIC SYSTEM PESAWAT BOEING 737-800 TERHADAP PROBABILITAS KINERJA KOMPONEN ENGINE DRIVEN PUMP (EDP) DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKOV ANALYSIS
Penulis
FEBRI MULYA PRATAMA
Pembimbing : Ir. Djarot Wahyu Santoso, M.T - Lazuardy Rahendra Pinandhita,S.T.,M.T.

ABSTRAK :
Keandalan (Reliability) adalah Engineering Discipline untuk menerapkan pengetahuan ilmiah pada suatu Component, Product, Plant, atau Process untuk memastikan bahwa hal – hal tersebut melakukan fungsi yang dimaksudkan tanpa mengalami suatu kegagalan, selama durasi waktu yang diperlukan dalam lingkungan tertentu. Pada Hydraulic System (ATA 29), komponen Engine Driven Pump (EDP) dan Electric Motor Driven Pump (EMDP) banyak menglami Defect/Failure pada Maskapai Lion Air. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keandalan (Reliability) Hydraulic System terhadap probabilitas kinerja komponen yang paling banyak mengalami Defect/Failure antara Engine Driven Pump (EDP) atau Electric Motor Driven Pump (EMDP) pada sistem sehingga dapat mengetahui nilai dari Mean Time To Failure (MTTF). Mengetahui probabilitas kinerja komponen pada sistem serta mengetahui keandalan (Reliability) komponen pada sistem merupakan acuan untuk menentukan nilai Mean Time To Failure (MTTF) pada Markov Analysis. Metode Markov Analysis adalah abstraksi matematis yang dimodelkan ke dalam bentuk yang sederhana atau kompleks, sehingga membentuk suatu konsep yang cukup mudah untuk dihitung. Penentuan pemilihan komponen Engine Driven Pump (EDP) pada Hydraulic System untuk dianalisis berdasarkan jumlah Defect/Failure yang paling banyak terjadi. Komponen yang dianalisis dibatasi sebanyak 2 komponen, yaitu komponen Engine Driven Pump (EDP) System A dan System B. Data dikumpulkan melalui pengamatan di lapangan dan dari data dokumen Defect Monitoring, History Report pergantian komponen, serta Aircraft Maintenance Manual (AMM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen Engine Driven Pump (EDP) adalah komponen yang paling banyak mengalami Defect/Failure pada Hydraulic System. Keandalan (Reliability) Hydraulic System terhadap probabilitas kinerja komponen pada sistem menunjukkan bahwa State 1 memiliki probabilitas kinerja yang maksimal, sedangkan State 2 dan State 3 memiliki probabilitas kinerja yang naik terlebih dahulu sebelum mengalami penurunan. Selain itu, keandalan sistem terhadap probabilitas kinerja komponen pada sistem mengalami penurunan seiring bertambahnya Flight Hour. Dari hasil analisis, diperoleh nilai Mean Time To Failure (MTTF) pada Hydraulic System sebesar 17195 Flight Hour. Kata kunci: Hydraulic System, Engine Driven Pump (EDP), Markov Analysis, Probabilitas, Keandalan, Mean Time To Failure (MTTF)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : FEBRI MULYA PRATAMA
NIM : 18050010
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024