ABSTRAK :
Keandalan (Reliability) adalah Engineering Discipline untuk menerapkan
pengetahuan ilmiah pada suatu Component, Product, Plant, atau Process untuk
memastikan bahwa hal – hal tersebut melakukan fungsi yang dimaksudkan tanpa
mengalami suatu kegagalan, selama durasi waktu yang diperlukan dalam
lingkungan tertentu. Pada Hydraulic System (ATA 29), komponen Engine Driven
Pump (EDP) dan Electric Motor Driven Pump (EMDP) banyak menglami
Defect/Failure pada Maskapai Lion Air. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis
keandalan (Reliability) Hydraulic System terhadap probabilitas kinerja komponen
yang paling banyak mengalami Defect/Failure antara Engine Driven Pump (EDP)
atau Electric Motor Driven Pump (EMDP) pada sistem sehingga dapat mengetahui
nilai dari Mean Time To Failure (MTTF).
Mengetahui probabilitas kinerja komponen pada sistem serta mengetahui
keandalan (Reliability) komponen pada sistem merupakan acuan untuk menentukan
nilai Mean Time To Failure (MTTF) pada Markov Analysis. Metode Markov
Analysis adalah abstraksi matematis yang dimodelkan ke dalam bentuk yang
sederhana atau kompleks, sehingga membentuk suatu konsep yang cukup mudah
untuk dihitung. Penentuan pemilihan komponen Engine Driven Pump (EDP) pada
Hydraulic System untuk dianalisis berdasarkan jumlah Defect/Failure yang paling
banyak terjadi. Komponen yang dianalisis dibatasi sebanyak 2 komponen, yaitu
komponen Engine Driven Pump (EDP) System A dan System B. Data dikumpulkan
melalui pengamatan di lapangan dan dari data dokumen Defect Monitoring, History
Report pergantian komponen, serta Aircraft Maintenance Manual (AMM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen Engine Driven Pump
(EDP) adalah komponen yang paling banyak mengalami Defect/Failure pada
Hydraulic System. Keandalan (Reliability) Hydraulic System terhadap probabilitas
kinerja komponen pada sistem menunjukkan bahwa State 1 memiliki probabilitas
kinerja yang maksimal, sedangkan State 2 dan State 3 memiliki probabilitas kinerja
yang naik terlebih dahulu sebelum mengalami penurunan. Selain itu, keandalan
sistem terhadap probabilitas kinerja komponen pada sistem mengalami penurunan
seiring bertambahnya Flight Hour. Dari hasil analisis, diperoleh nilai Mean Time
To Failure (MTTF) pada Hydraulic System sebesar 17195 Flight Hour.
Kata kunci: Hydraulic System, Engine Driven Pump (EDP), Markov Analysis,
Probabilitas, Keandalan, Mean Time To Failure (MTTF)
|