ABSTRAK :
Perguruan tinggi swasta saat ini dihadapkan pada keputusan yang sulit, selain
mereka harus tetap bersaing dengan perguruan tinggi negeri lainnya, ia juga harus
bersaing dengan perguruan tinggi yang sekarang saling berlomba-lomba
menawarkan produk-produk pendidikan yang semakin kompetitif. Institut
Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) Yogyakarta merupakan salah satu
Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bernuansa Kedirgantaraan yang diselenggarakan
oleh Yayasan TNI Angkatan Udara Adi Upaya (YASAU), berlokasi di kawasan
pangkalan TNI Angkatan Udara Adisutjipto. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian yang dilakukan peneliti
yaitu, pada bagian pelayanan akademik Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto
(ITDA) Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh
kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa ITDA Yogyakarta
dengan menggunakan tiga dimensi kualitas pelayanan yaitu, daya tanggap,
kehandalan, dan bukti fisik. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis
Regresi Linier Berganda dengan menggunakan kuisoner (angket) dan survey
sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya
korelasi yang kuat pada variabel daya tanggap dengan nilai 0,672, nilai korelasi
0,734 pada variabel kehandalan dan variabel bukti fisik memiliki korelasi yang
paling kuat dengan nilai korelasi 0,805. Variabel bukti fisik (X1), kehandalan (X2),
dan bukti fisik (X3) secara simultan dinyatakan berpengaruh terhadap kepuasan
mahasiswa, dengan nilai Sig. 0,256 untuk variabel daya tanggap, nilai Sig. 0,000
untuk variabel kehandalan, dan nilai Sig.0,000 untuk variabel bukti fisik. Angka
Koefisien determinasi atau adjusted R squre yang di hasilkan oleh dua model
sebesar 0,647 dan 0,709. Indikator yang digunakan dalam penentuan model terbaik
adalah nilai adjusted R squre yang memiliki nilai paling besar, sehingga model
kedua dipilih, artinya variabel bebas yaitu bukti fisik dan kehandalan secara
bersama-sama mempengaruhi variabel terikat yaitu kepuasan mahasiswa sebesar
70,9% Dari penjelasan diatas, H2 dan H3 pada hipotesis dinyatakan diterima yang
berarti Adanya Hubungan yang positif dan signifikan variabel kehandalan
(Reliability) dan bukti fisik (Tangible) terhadap kepuasan mahasiswa Institut
Teknologi Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta dan H1 pada hipotesis dinyatakan
ditolak yang berarti tidak adanya Hubungan yang positif dan signifikan variabel
daya tanggap (Responsiveness) terhadap kepuasan mahasiswa Institut Teknologi
Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta
Kata Kunci: daya tanggap (Responsiveness), kehandalan (Reliability), bukti fisik
(Tangible), Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta.
|