PERENCANAAN PERAWATAN C-CHECK+ADD PESAWAT
BOEING 737-500 PK-NAS DI PT. MERPATI MAINTENANCE
FACILITY |
Penulis ANTARIKSA IZDIHAR YAFI
Pembimbing : Kris Hariyanto, M.T. - Lazuardy Rahendra P., S.T., M.T.
|
ABSTRAK :
PERENCANAAN PERAWATAN C-CHECK+ADD PESAWAT BOEING
737-500 PK-NAS DI PT. MERPATI MAINTENANCE FACILITY
Antariksa Izdihar Yafi’
18050038
ABSTRAK
Pemeliharaan atau perawatan adalah serangkaian aktivitas untuk menjaga
agar fasilitas atau peralatan senantiasa dalam keadaan siap pakai. Perawatan
dilakukan untuk menjaga keandalan dan memastikan fasilitas transportasi udara
berfungsi dengan semestinya. Selain itu dengan adanya perawatan yang rutin dan
teratur, dapat meminimalisir biaya perawatan yang terbilang cukup besar dalam
perawatan pesawat terbang. Dalam proses perencanaan perawatan C-Check
tentunya perlu dilakukan perhitungan Turn Around Time (TAT) untuk
memaksimalkan pekerjaan dalam kurun waktu tertentu.
Perhitungan TAT menjadi salah satu acuan bagi maskapai dalam menentukan
vendor atau pelaksana perawatan yang mampu melaksanakan perkerjaan dalam
waktu yang sesingkat mungkin. Perhitungan nilai TAT menggunakan dengan
Critical Path Method (CPM) yang bertujuan memaksimalkan pekerjaan dan tenaga
kerja sehingga didapatkan nilai TAT seminimal mungkin. Metode CPM atau
dikenal Critical Path Method merupakan metode yang memiliki jalur yang terdiri
dari rangkaian komponen-komponen kegiatan dengan total jumlah waktu terlama
dan menunjukkan kurun waktu penyelesaian pekerjaan tercepat.
Pada penelitian ini diketahui jalur kritis dari kegiatan tersebut pada pekerjaan
dengan kode A-H-H1-H2-H6-H7-R dengan total waktu yang diperlukan yaitu :
341,66 Hours atau 42,71 hari kalender. Perencanaan analisis dengan metode CPM
memperoleh hasil yang lebih efisien sebesar 5,46 hari
Kata Kunci : Perawatan C-Check, Turn Around Time (TAT), Critical Path
Method
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ANTARIKSA IZDIHAR YAFI |
|
NIM |
: 18050038 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|