PENERAPAN LINE BALANCING MENGGUNAKAN METODE
RANKED POSITIONAL WEIGHT UNTUK MENINGKATKAN
OUTPUT PRODUKSI KNALPOT DI UMKM DOS MUFFLER
KULON PROGO |
Penulis AKBAR SIGIT SETYAWAN
Pembimbing : Yasrin Zabidi, S.T., M.T. - Bagus Wahyu Utomo, S.Si, M.Sc.
|
ABSTRAK :
ABSTRAK
UMKM DOS Muffler adalah umkm yang memproduksi knalpot balap,
khususnya drag bike. Untuk saat ini DOS sendiri sudah memproduksi segala
macam knalpot sepeda motor kususnya 4T. Masalah yang sering dihadapi UMKM
adalah kurang seimbangnya pembebanan waktu kerja pada tiap-tiap stasiun kerja
sehingga berakibat pada terjadinya Bottleneck. Salah satu penyebab kurang
produktif pada proses operasional produksi dikarenakan tiap kegiatan belum
mencapai target yang telah di tentukan sehingga proses produksi yang berdampak
menurun. maka dilakukan analisa keseimbangan lintasan dengan metode Ranked
Positional Weight (RPW).Hasil sebelum dilakukan penyeimbanan.
Didapatkan nilai Line Efficiency pemebuatan header knalpot sebesar
19.4% dengan Smoothing Index sebesar 117. Dan pembuatan selincer knalpot
sebesar 17.8% dengan Smoothing Index sebesar 119 maka dinyatakan belum
seimbang pada lini produksi pembuatan header knalpot maupun pembuatan
selincer dimana hal ini keseimbangan belum tercapai, karena Line Efficiency
belum mendekati 100%.
Dengan metode yang diterapkan Ranked Positional Weight
(RPW),perubahan jam kerja, perubahan stasiun kerja dan penambhahan jumlah
produksi diperoleh nilai Line Efficiency pembuatan header knalpot sebesar 98%
dengan Smoothing Index 2. Sedangkan nilai Line Efficiency pembuatan selincer
knalpot sebesar 88% dengan Smoothing Index 6 dan dinyatakan seimbang dimana
dalam hal ini keseimbangan lintasan mendekati 100% dan Smoothing Index
mendekati 0.
Kata kunci : line balancing, ranked positional weight, UMKM
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: AKBAR SIGIT SETYAWAN |
|
NIM |
: 17020015 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|