© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PENENTUAN LABOR BURDEN DALAM INDIRECT MAINTENANCE COST PESAWAT BOEING 737-900ER DI LINE MAINTENANCE BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA (CGK) PT XYZ
Penulis
DIMAS ARISETYAWAN
Pembimbing : Fajar Khanif Rahmawati S. T., M. M. - Lazuardy Rahendra Pinandhita,S.T.,M.T.

ABSTRAK :
ANALISIS PENENTUAN LABOR BURDEN DALAM INDIRECT MAINTENANCE COST PESAWAT BOEING 737-900ER DI LINE MAINTENANCE BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA (CGK) PT XYZ DIMAS ARISETYAWAN NIM: 18050102 ABSTRAK Labor burden adalah salah satu bagian dari indirect maintenance cost mengenai biaya aktual yang dibayarkan oleh perusahaan maskapai untuk karyawan teknik seperti mekanik dan engineer pesawat udara untuk gaji dan selain gaji yang diperoleh ketika melaksanakan perawatan pesawat udara secara in-house. Oleh karena itu menghitung labor burden sangat penting untuk mengestimasi besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan airline pada jangka waktu tertentu. Dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan Boeing’s Airplane Maintenance Cost Methodology untuk mencari labor burden dalam pelaksanaan perawatan pesawat produksi dari Boeing. Besarnya labor burden per jam di line maintenance Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) untuk mekanik adalah Rp109.250,85 per man power dan untuk engineer adalah Rp255.881,50 per man power. Total besarnya labor burden mekanik per bulan adalah Rp1.845.228.468,81. Total besarnya labor burden engineer per bulan adalah Rp8.913.459.108,61. Total besarnya labor burden di line maintenance Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) per bulan adalah Rp10.280.937.577,42. Kata Kunci : Labor Burden, Maintenance Cost, Indirect Maintenance, Line Maintenance, In-house


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DIMAS ARISETYAWAN
NIM : 18050102
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024