ABSTRAK :
ANALISIS KEGAGALAN FUEL CONTROL UNIT PADA PESAWAT BOEING 737-900ER DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA)
DEVARRA MEISA FIDRA
17050015
ABSTRAK
Fuel Control Unit (FCU) adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan kinerjanya dalam pengoperasian pesawat terbang yaitu yang berfungsi mengatur jumlah bahan bakar. Pada pengoperasiannya fuel control unit (FCU) dituntut untuk memiliki keandalan yang tinggi dalam fungsi kerjanya, sedangkan disatu sisi memiliki kemungkinan terjadinya kegagalan. Penelitian ini bertujuan untu mengetahui penyebab kegagalan pada komponen fuel control unit pada pesawat Boeing 737-900ER. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Failure Mode Effect Analysis (FMEA).
Pada hasil penilitian ini ada 15 permasalahn pada fuel control unit yaitu komponen Fuel Solenoid Valve dengan kegagalan failed on, rangkaian terbuka, arus tinggi (high current). Komponen Fuel Temperature Sensor dengan kegagalan korsleting, out if range high dan out if range low. Komponen Fuel Metering Valve dengan kegagalan torque motor shows low side grounded/high side grounded, rangkaian terbuka, korsleting dan failed on. Komponen Flowmeter Pressurizing Valve and Flowmeter dengan kegagalan korsleting, rangkaian terbuka, rangkaian terlilit atau terlihat buruk, dan korsleting saat di ground. Komponen Inlet Fuel Filter yaitu dikarenakan gagal menyala karena tersumbat, dan masalah lainnya. Pada proses analisis mode kegagalan menggunakan metode FMEA didapatkan nilai RPN (Risk Priority Number) tertinggi yaitu pada komponen flowmeter pressurizing valve dan flowmeter memiliki nilai RPN 128. Penyebab permasalahan pada komponen flowmeter pressurizing valve dan flowmeter yaitu kerusakan pada wiring electronic control unit terputus, dan wire harness bermasalah, dan ada masalah didalam fuel control unit.
Kata Kunci: Fuel Control Unit, FMEA.
|