ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR SAYAP PESAWAT UDARA NIR AWAK (PUNA) MENGGUNAKAN METODE BENDING UNTUK PEMANTAUAN KEPADATAN LALU LINTAS |
Penulis DARY FATTA
Pembimbing : Ir. Djarot Wahyu Santoso, M.T., - Bangga Dirgantara A, S.T.,M.T.
|
ABSTRAK :
ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR SAYAP PESAWAT UDARA NIR AWAK (PUNA) MENGGUNAKAN METODE BENDING UNTUK PEMANTUAN KEPADATAN LALU LINTAS
Oleh:
DARY FATTA
16050088
ABSTRAK
Sayap merupakan salah satu struktur utama pada pesawat terbang yang berfungsi untuk menghasilkan gaya angkat. Sayap pada pesawat udara nir awak (PUNA) harus mempunyai struktur yang kuat dan mampu menahan beban yang terjadi pada sayap salah satunya yaitu beban bending. Untuk mengetahui beban bending maksimum yang mampu ditahan oleh sayap yaitu dengan cara melalukan pengujian bending. Uji bending adalah suatu proses pengujian material dengan cara diberikan beban, sehingga terjadi tekanan pada benda uji untuk mendapatkan hasil berupa data tentang kekuatan bending dan beban bending pada suatu material benda uji.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui beban maksimum yang mampu ditahan oleh sayap serta besar defleksi yang terjadi ketika diberikan beban. Pembebanannya merupakan pembebanan terdistribusi yang diberikan pada tiap-tiap rib-nya dengan menggunakan metode pengujian bending dan perhitungan pembebanan menggunakan metode Schrenk dengan material kayu balsa dan serat karbon. Pengujian dilakukan untuk mencapai batas limit namun setelah batas limit tercapai pengujian dilanjutkan ke batas ultimate sampai sayap patah.
Hasil dari pengujian didapatkan bahwa struktur wing yang menggunakan material serat karbon dan kayu balsa dikatakan aman karena mampu menahan beban maksimum yaitu sebesar 34.068kg dengan defleksi maksimum yang terjadi sebesar 2.5cm. Kerusakan yang terjadi terdapat pada beberapa bagian yaitu wing joiner, sambungan antara wing dan fuselage serta pada bagian chord root.
Kata kunci: Analisis Struktur, Bending, Schrenk, PUNA
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: DARY FATTA |
|
NIM |
: 16050088 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|