ABSTRAK :
ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR WING PESAWAT UDARA NIR AWAK (PUNA) BERTENAGA ELEKTRIK TERHADAP BEBAN BENDING
M. IRFAN AKRAM
16050067
ABSTRAK
Wing adalah struktu utama sayap pesawat terbang yang berfungsi untuk menghasilkan gaya angkat. Wing pada PESAWAT UDARA NIR AWAK (PUNA) BERTENAGA ELEKTRIK harus mempunyai struktur yang memenuhi kriteria kekuatan dan kekakuan serta harus menahan beban-beban yang terjadi salah satunya beban bending. Beban bending maksimum pada wing dapat diidentifikasi dengan cara melakukan proses pengujian bending. Uji bending ada salah satu proses pengujian material dengan cara ditekan untuk mendapatkan hasil berupa data tentang beban bending suatu material yang diuji. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui beban bending maksimum yang mampu ditahan oleh wing.
Wing PUNA berbahan kayu balsa dan serat karbon untuk struktur tertentu. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen, yang dimana penelitian dimulai dari persiapan alat dan bahan, proses pembuatan wing, dan pengujian wing yang disertai dengan pengukuran dan perhitungan. Pengujian wing menggnakan metode bending dan pembebanan menggunakan metode schrenk yang dimana metode tersebut cukup akurat bagi wing pesawat untuk menghitung distribusi beban akibat gaya aerodynamic. Untuk prosesnya, titik tumpu berada di tengah wing dan pada setiap rib akan diberikan beban secara bertahap hingga wing yang diuji patah.
Dari hasil pengujian didapatkan kerusakan pada bagian upper, patahan rib 1, dan patahan pada joiner. Untuk nilai defleksi wing sebelum patah didapatkan sebesar 19 mm dan beban bending maksimum wing didapatkan sebesar 97,5133 N
Kata kunci: UAV, Wing, Bending, Metode Schrenk, Serat Karbon.
|