© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

KAJIAN PENGARUH MODIFIKASI KETEBALAN TRAILING EDGE AIRFOIL PADA FENOMENA GROUND EFFECT DENGAN PENDEKATAN KOMPUTASI
Penulis
DHIKA PRATAMA PUTRA
Pembimbing : Buyung Junaidin, S.T., M.T. - Lazuardy Rahendra Pinandhita,S.T.,M.T.

ABSTRAK :
KAJIAN PENGARUH MODIFIKASI KETEBALAN TRAILING EDGE AIRFOIL PADA FENOMENA GROUND EFFECT DENGAN PENDEKATAN KOMPUTASI DHIKA PRATAMA PUTRA NIM : 17050087 ABSTRAK Ground effect merupakan fenomena peningkatan gaya angkat (lift) dan menurunnya gaya hambat (drag) pada sayap yang bergerak dekat dengan permukaan tanah atau air. Dikarenakan ketinggian terbang yang rendah, perlu memilih rekayasa bentuk profil sayap yang digunakan. Salah satu modifikasi geometris bagian sayap yang dapat dilakukan pemotongan bagian belakang untuk membuat trailing edge yang tumpul yang dikenal dengan nama blunt/flatback profile. Namun pemotongan bagian belakang memiliki kelemahan yaitu dapat menggubah camber dan thickness dari airfoil yang akan dimodifikasi, metode lain yang dapat digunakan tanpa menggubah camber dan thickness dari airfoil yang akan dimodifikasi, yaitu dengan menambah ketebalan pada trailing edge airfoil. Namun, penggunaan modifikasi tersebut perlu dilakukan penelitian atau kajian untuk mengetahui perngaruh karakteristik aerodinamika yang akan terjadi. Penelitian ini mengkaji mengenai pengaruh modifikasi ketebalan trailing edge airfoil pada fenomena ground effect kapal bersayap WiSE-8. Modifikasi ketebalan trailing edge sebesar 1%, 2% dan 3% chord. Variasi sudut serang -6⸰ hingga 22⸰, ketinggian terbang 1.5 m dan kecepatan terbang jelajah 41.156 m/s dengan permukaan ground diasumsikan flat ground dan bergerak menggunakan pendekatan komputasi CFD software Ansys Fluent. Hasil yang diperoleh dari penelitian kali ini bahwa terjadi peningkatan nilai lift dan drag terhadap penambahan ketebalan trailing edge. Untuk efisiensi aerodinamika, terjadi penurunan nilai L/D, hal ini dikarenakan peningkatan nilai lift lebih kecil dari peningkatan drag yang tercipta. Untuk nilai induced drag juga terjadi kenaikan seiring bertambahnya ketebalan trailing edge dan sudut serang, Serta terjadi peningkatan distribusi tekanan antara wahana WiSE 8 dan ground. Kata Kunci : Ground Effect, Flatback, Karakteristik Aerodinamika, WiSE-8, CFD


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DHIKA PRATAMA PUTRA
NIM : 17050087
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024