EVALUASI RATE OF OCCURRENCE OF FAILURE (ROCOF) DAN LIFETIME PREDICTION PADA INTEGRATED DRIVE GENERATOR (IDG) AIR/OIL COOLER PESAWAT BOEING 737-800 GARUDA INDONESIA DI PT GMF AEROASIA |
Penulis ARFANDI ACHMAD
Pembimbing : Fajar Khanif Rahmawati, S.T.,M.M. - Dwi Hartini, S.T., M.T.
|
ABSTRAK :
EVALUASI RATE OF OCCURRENCE OF FAILUIRE (ROCOF) DAN LIFETIME PREDICTION PADA INTEGRATED DRIVE GENERATOR (IDG) AIR/OIL COOLER PESAWAT BOEING 737-800 GARUDA INDONESIA DI PT GMF AEROASIA
ARFANDI ACHMAD
NIM: 18050022
ABSTRAK
IDG Air/Oil Cooler merupakan komponen yang berada pada IDG oil system yang berfungsi untuk mendinginkan oil yang bersumber dari IDG dengan memanfaatkan fan air. Komponen ini sering mengalami kegagalan dan tidak terprediksi sehingga beresiko saat melakukan operasi penerbangan. Untuk itu perlu dilaksanakan analisis penyebab kegagalan yang terjadi, program perawatan yang optimal, serta reliability.
Metode yang digunakan untuk analisis yaitu Power Law Process (PLP) yang dapat mengetahui Rate of Occurrence of Failure (ROCOF) dan hubungannya dapat diketahui nilai Mean Time to Failure (MTTF) dan kebijakan waktu perawatan yang dapat direkomendasikan.
Penelitian ini menunjukan bahwa IDG Air/Oil Cooler pada pesawat Boeing 737-800 Garuda Indonesia diketahui bahwa ROCOF termasuk dalam bentuk Increasing Failure Rate (IFR) dengan peningkatan laju kegagalan terhadap waktu sehingga direkomendasikan tindakan perawatan preventive maintenance. IDG Air/Oil Cooler memiliki critical operation sampai dengan 8180,228022 flight hours dimana kemampuan IDG Air/Oil Cooler untuk beroperasi normal secara terus menerus hingga mengalami kegagalan menurun seiring berjalannya waktu dengan kebijakan waktu interval perawatan adalah 5000 flight hours.
Kata Kunci: IDG Air/oil Cooler, Power Law Process, Reliability, MTTF, Preventive Maintenance.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ARFANDI ACHMAD |
|
NIM |
: 18050022 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|