© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

STUDI NUMERIK PENGARUH GROUND EFFECT TERHADAP KARAKTERISTIK AERODINAMIKA WING NACA 6412
Penulis
SABARIL NOPRI
Pembimbing : BAHRUL JALAALI,S.T.,M.ENG - Dr. OKTO DINARYANTO,S.T.,M.N.,M.ENG

ABSTRAK :
STUDI NUMERIK PENGARUH GROUND EFFECT TERHADAP KARAKTERISTIK AERODINAMIKA WING NACA 6412 Ditulis oleh: SABARIL NOPRI NIM : 18040036 Pembimbing I : Bahrul Jalaali., S.T., M.Eng. Pembimbing II : Dr. Okto Dinaryanto, S.T., M. M., M.Eng. ABSTRAK Wing in ground effect adalah salah satu jenis kapal bersayap di mana pada bagian lambung samping kanan dan kiri diberikan sayap untuk dapat bergerak lepas dari permukaan air selanjutnya terbang dan mendarat kembali di air dengan baik. Struktur sayap mengalami pembebanan,baik itu beban dinamik ataupun beban statik. Penelitian ini melakukan perancangan dan simulasi wing airfoil NACA 6412 yang dipengaruhi ketinggian dan sudut serang menggunakan software ANSYS 16.5 untuk mengetahui nilai koefisien gaya dan hambat dan didukung oleh software Solidwork 2018. Proses simulasi dilakukan dengan variasi ketinggian serta variasi sudut serang. Pemodelan dilakukan pada software Solidwork 2018 kemudian desain disimulasikan pada software ANSYS dengan pengaturan dan paramater yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wing airfoil NACA 6412 dengan ketinggian 0,1c pada sudut serang 12° memiliki nilai koefisien angkat paling tinggi dan ketinggian 1c pada sudut serang 12° memiliki nilai koefisien hambat paling tinggi. Nilai koefisien angkat/hambat tertinggi terjadi pada ketinggian 0,1c pada sudut serang 4°. Kata kunci: NACA 6412, koefisien angkat, koefisien hambat, ketinggian, sudut serang


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : SABARIL NOPRI
NIM : 18040036
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024