© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS STRUKTUR WING UAV-C21 (KARGO) MENGGUNAKAN PENDEKATAN NUMERIK DENGAN METODE ELEMEN HINGGA
Penulis
PANDY FITRIAN AL HADI
Pembimbing : Ir. Djarot Wahju Santoso, M.T. - Muhammad Ridlo Erdata Nasution, S.T., M.T., Ph.D.

ABSTRAK :
ANALISIS STRUKTUR WING UAV-C21 (KARGO) MENGGUNAKAN PENDEKATAN NUMERIK DENGAN METODE ELEMEN HINGGA Pandy Fitrian Al hadi 17050113 ABSTRAK UAV-C21 (kargo) adalah jenis pesawat tanpa awak yang memiliki misi pengiriman barang yang nantinya pesawat ini akan membawa logistic untuk para korban bencana di daerah daerah rawan bencana. Dikarenakan pada penelitian sebelumnya belum dilakuakan pemodelan desain internal dan analisis kekuatan struktur wing. Sehingga pada penelitian ini akan dilakuakan penentuan pemodelan desain internal dan analisis kekuatan struktur wing. Hal tersebut sebagai tahap lanjutan dalam perancangan sebuah pesawat atau UAV, sehingga analisis kekuatan struktur wing perlu diperhitungkan untuk mengetahui konfigurasi struktur dan material yang tepat agar pada saat digunakan pesawat mampu menahan beban yang diterima. Proses pemodelan wing menggunakan software CATIA, kemudian proses analisis struktur wing menggunakan software CFD dengan tahapan engineering data, geometry, model, ansys composite prepost, setup, solution, dan result. Pembebanan yang dilakukan adalah beban take-off pada batang VTOL, kondisi maneuver dan beban limit negative dengan tumpuan pada spar dan layer skin. Setelah melalui tahapan dari penelitian ini didapatkan bahwa UAV-C21 (kargo) memiliki konfigurasi wing dengan komponen skin (2,08 mm), 6 ribs (5,2 mm), 2 spar (7,8 mm), dan batang VTOL (3,12 mm). Nilai tegangan maksimum yang terjadi pada struktur wing secara keseluruhan terletak pada lower surface skin yang berkontak dengan batang VTOL, yaitu tegangan tekan 125,37 Mpa dan tegangan tarik 79,12 MPa pada kondisi load factor 3,8 dan total displacement maksimum berada pada wing tip dengan nilai 64,156 mm pada kondisi load factor 3,8. Nilai maksimum failure criteria wing terletak pada lower surface skin layer pertama yang berkontak terhadap batang VTOL dengan nilai 0,4738 pada kondisi load factor 3,8, sehingga struktur wing tersebut dinyatakan aman menurut perhitungan kriteria Tsai-Hill. Kata Kunci: UAV-C21, Analisis Struktur, Vertical Take-off Landing, failure criteria,.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : PANDY FITRIAN AL HADI
NIM : 17050113
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024