© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KEGAGALAN OIL SYSTEM DARI CAWS PADA PESAWAT GROB G120TP-A
Penulis
FARHAN AUDI ARISADA
Pembimbing : Sri Mulyani, S.T., M. Eng - Fajar Khanif Rahmawati S.T., M.M

ABSTRAK :
ANALISIS KEGAGALAN OIL SYSTEM DARI CAWS PADA PESAWAT GROB G120TP-A Farhan Audi Arisada 17050029 ABSTRAK Dalam menjaga wilayah Indonesia kekuatan udara menjadi sangat penting terkait dengan strategi peperangan. Pesawat yang digunakan dalam menjaga pertahanan tentunya berbeda dengan pesawat sipil. Untuk memiliki kualitas pesawat yang baik memerlukan perawatan pesawat untuk meminimalisir kegagalan. Pesawat Grob G120TP-A merupakan salah satu pesawat latih yang merupakan tanggung jawab Skadron Teknik 043 yang membutuhkan perawatan pesawat terbang. Penelitian ini membahas salah satu kegagalan pada Oil Sytem.. Kegagalan tersebut dapat dianalisis menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis dari penyebab kegagalan Oil Chip. Pada pesawat Grob G120TP-A. data yang digunakan adalah buku harian perawatan dari Skadron Teknik 043 pada periode 2017 – 2020. Metode yang digunakan adalah metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Logic Tree Analysis (LTA) dan penentuan nilai Risk Priority Number (RPN). Langkah pertama adalah mengidentifikasikan kegagalan pada tiap komponen. Setiap modus kegagalan dan efek kegagalan yang terjadipada tiap komponen dijabarkan kedalam tabel FMEA. Setelah itu dilakukan analisis Risk Priority Number dengan melihat tingkat keparahan (Severity), tingkat kejadian (Occurrence), dan tingkat deteksi (Detection) dari setiap komponen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa identifikasi kegagalan yang terjadi pada oil system yaitu terdapat 30 kali kegagalan pada oil system, 14 kali kegagalan pada oil leak, dan 23 kali kegagalan pada oil chip. Dari tingkat resiko kegagalan yang terjadi, semua memiliki nilai tingkat resiko sedang yaitu pada kegagalan oil temperature dengan nilai RPN 160, kegagalan oil leak dengan nilai RPN 160, dan kegagalan oil chip dengan nilai RPN 160. Kata Kunci: Reliability Centered Maintenance, RCM, GROB G120TP-A, Oil Temperature, Oil Leak, OIL CHIP, Oil System.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : FARHAN AUDI ARISADA
NIM : 17050029
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024