ABSTRAK :
ANALISIS KEGAGALAN OIL SYSTEM DARI CAWS PADA PESAWAT GROB
G120TP-A
Farhan Audi Arisada
17050029
ABSTRAK
Dalam menjaga wilayah Indonesia kekuatan udara menjadi sangat penting terkait
dengan strategi peperangan. Pesawat yang digunakan dalam menjaga pertahanan tentunya
berbeda dengan pesawat sipil. Untuk memiliki kualitas pesawat yang baik memerlukan
perawatan pesawat untuk meminimalisir kegagalan. Pesawat Grob G120TP-A merupakan
salah satu pesawat latih yang merupakan tanggung jawab Skadron Teknik 043 yang
membutuhkan perawatan pesawat terbang. Penelitian ini membahas salah satu kegagalan
pada Oil Sytem.. Kegagalan tersebut dapat dianalisis menggunakan metode Failure Mode
and Effect Analysis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis dari
penyebab kegagalan Oil Chip. Pada pesawat Grob G120TP-A. data yang digunakan adalah
buku harian perawatan dari Skadron Teknik 043 pada periode 2017 – 2020.
Metode yang digunakan adalah metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA),
Logic Tree Analysis (LTA) dan penentuan nilai Risk Priority Number (RPN). Langkah
pertama adalah mengidentifikasikan kegagalan pada tiap komponen. Setiap modus
kegagalan dan efek kegagalan yang terjadipada tiap komponen dijabarkan kedalam tabel
FMEA. Setelah itu dilakukan analisis Risk Priority Number dengan melihat tingkat
keparahan (Severity), tingkat kejadian (Occurrence), dan tingkat deteksi (Detection) dari
setiap komponen.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa identifikasi kegagalan yang terjadi pada oil
system yaitu terdapat 30 kali kegagalan pada oil system, 14 kali kegagalan pada oil leak, dan
23 kali kegagalan pada oil chip. Dari tingkat resiko kegagalan yang terjadi, semua memiliki
nilai tingkat resiko sedang yaitu pada kegagalan oil temperature dengan nilai RPN 160,
kegagalan oil leak dengan nilai RPN 160, dan kegagalan oil chip dengan nilai RPN 160.
Kata Kunci: Reliability Centered Maintenance, RCM, GROB G120TP-A, Oil Temperature,
Oil Leak, OIL CHIP, Oil System.
|