© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

STUDI KASUS PENGARUH TEMPERATUR REMELTING PISTON MOTOR BEKAS TERHADAP KEKUATAN TARIK, KEKERASAN, STRUKTUR MIKRO, DAN UJI KOMPOSISI
Penulis
IRVAN FADLI KHOLILULOH
Pembimbing : Fajar Nugroho, S.T., M.Eng. - Bahrul Jalaali, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
STUDI KASUS PENGARUH TEMPERATUR REMELTING PISTON MOTOR BEKAS TERHADAP KEKUATAN TARIK, KEKERASAN, STRUKTUR MIKRO, DAN UJI KOMPOSISI Ditulis oleh: Irvan Fadli Kholiluloh NI: 18040049 Pembimbing 1 : Fajar Nugroho, S.T., M.Eng. Pembimbing 2 : Bahrul Jalaali, S.T., M.Eng. ABSTRAK Pemakaian alumunium pada industri otomotif terus meningkat sejak tahun 1980 khususnya paduan aluminium yang digunakan untuk pembuatan kepala silinder, piston, katup, dan blok mesin. Pemanfaatan logam bekas menjadi bahan baku industri semakin meningkat sehingga menjadi komoditi perdagangan dan mendorong berkembangnya usaha-usaha penampungan logam bekas atau rosok di sekitar lokasi usaha.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kekuatan tarik, kekerasan, struktur mikro dan komposisi kimia dari pengaruh variasi temperatur remelting piston motor bekas Kawasaki Ninja dengan metode sand casting. Spesimen dan prosedur pengujian tarik mengacu pada standar ASTM E8/E8M-09. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi temperatur tuang maka nilai kekuatan tarik pada hasil coran juga semakin meningkat. Nilai kekuatan tarik tertinggi terjadi pada temperatur tuang 850℃ (spesimen C) yaitu sebesar 87,74 MPa, sedangkan nilai kekuatan tarik terendah terdapat pada variasi temperatur tuang 750℃ (spesimen A) sebesar 61,27 MPa. Kekerasan vickers tertinggi terjadi pada temperatur tuang 850℃, yaitu sebesar 105,49 VHN, sedangkan nilai kekerasan Vickers terendah terdapat pada variasi temperatur tuang 750℃ sebesar 91,22 VHN. Berdasarkan pengamatan, struktur partikel lebih padat dan halus seiring meningkatnya temperatur tuang. Hasil uji komposisi kimia yang dilakukan terdapat kenaikan dan penurunan unsur kimia yang terkandung dalam material hasil coran. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya pengaruh dari kecepatan penuangan yang tidak konstan, proses pembongkaran cetakan yang dilakukan bersama-sama, dan kadar kelembaban cetakan pasir yang berbeda. Kata kunci: remelting, sand casting, pengujian tarik, pengujian kekerasan vickers, struktur mikro, uji komposisi


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : IRVAN FADLI KHOLILULOH
NIM : 18040049
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024