PERENCANAAN TURN ARROUND TIME (TAT) C-CHECK MAINTENANCE
PESAWAT BOEING 737-500 DI PT. MERPATI MAINTENANCE
FACILITY BANDARA INTERNATIONAL JUANDA SURABAYA |
Penulis FIVIA CAHYA ANJELIN
Pembimbing : Fajar Khanif Rahmawati S.T., M.M. - Lazuardy Rahendra Pinandhita, S.T., M. T.
|
ABSTRAK :
PERENCANAAN TURN ARROUND TIME (TAT) C-CHECK MAINTENANCE
PESAWAT BOEING 737-500 DI PT. MERPATI MAINTENANCE
FACILITY BANDARA INTERNATIONAL JUANDA SURABAYA
Fivia Cahya Anjelin
17050047
ABSTRAK
PT. MMF (Merpati Maintenance Facility) merupakan salah satu perusahaan perawatan pesawat terbang di Indonesia yang selalu berusaha memiliki peralatan terlengkap dan melakukan pekerjaan perawatan pesawat seefektif dan seefisien mungkin. Efisiensi manhours merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam melakukan usaha tersebut. Manhours adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan dimana waktu tersebut menjadi acuan untuk dapat melaksanakan suatu pekerjaan. Planner di PT. Merpati Maintenance Facility selama ini membuat perencanaan manhours dengan mengalikan nilai MPD (Maintenance Planning Document) dengan faktor pengali. Pada penelian ini mencari faktor pengali baru untuk dapat digunakan mencari nilai TAT (Turn Arround Time) menggunakan metode linier programming.
Faktor pengali yaitu satuan nilai yang digunakan planner dalam mencari manhours plan. Linier programming digunakan untuk dapat mencari nilai dari faktor pengali yang sudah ditentukan planner sebelumnya untuk dapat membuat nilai faktor pengali baru dalam membuat manhours plan. Pada hasil penelitian ini mendapatkan nilai TAT (Turn Arround Time) sebesar 3% dan nilai efisiensi manpower sebesar 68,2%.
Kata Kunci: Manhours, Faktor Pengali, TAT (Turn Arround Time), Linear Programming, Manpower
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: FIVIA CAHYA ANJELIN |
|
NIM |
: 17050047 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|