ANALISA ANCHORING EFFECT TERHADAP PENUMPANG PESAWAT DARI YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT DALAM MEMILIH MASKAPAI PENERBANGAN |
Penulis SETIA AMI SAPUTRI
Pembimbing : Bagus Wahyu Utomo, S.Si.,M.Sc - Eko Poerwanto, S.T.,M.Sc
|
ABSTRAK :
ABSTRAK
Di dunia penerbangan tentunya pelayanan yang paling menonjol dikalangan masyarakat atau penumpang pesawat. Kepuasan pelanggan yang tinggi ditimbulkan oleh kualitas pelayanan yang maksimal dan jika kualitas pelayanan yang diberikan buruk maka harapan konsumen tidak akan pernah tercapai. Kualitas maskapai yang baik yang akan membuat penumpang ingin tetap menaikinya kembali, walaupun adanya perbandingan dari maskapai lainnya. Untuk itu penelitian ini merujuk pada perilaku penumpang dalam melakukan pemilihan maskapai dimana agar mengetahui apakah terjadi pengaruh kerja pertama atau penerbangan pertama yang dirasakan oleh penumpang maskapai dan kecenderungan untuk membuat penilaian tentang kemungkinan terjadinya peristiwa berdasarkan seberapa mudah peristiwa ini masuk kedalam pikiran. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya pengaruh anchoring effect terhadap penumpang dalam memilih maskapai penerbangan.
Penelitian ini menggunakan analisis Anchoring Effect dengan menggunakan pengolahan SPSS dan hasil penelitian ini adalah tidak terjadinya Anchoring Effect terhadap penumpang di Bandara Yogyakarta Internasional berdasarkan uji nonparametric dengan uji Wilcoxon bahwasannya yang dihasilkan dari uji tersebut adalah tingkat signifikansi 0.003 < 0.05.
Kata Kunci : Anchoring Effect
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: SETIA AMI SAPUTRI |
|
NIM |
: 18020020 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|