© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISA PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA (Studi Kasus di Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta)
Penulis
MELANIA ANTICA
Pembimbing : Riani Nurdin, S.T., M.Sc. - Uyunul Mauidzoh, S.T.,M.T

ABSTRAK :
ABSTRAK Evaluasi terhadap implementasi manajemen di lingkungan Fakultas Teknologi Industri ITDA Yogyakarta adalah salah satu proses yang secara rutin dilakukan dalam rangka menjaga keberlangsungan sebuah sistem sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Salah satunya dengan melakukan pengukuran kepuasan mahasiswa sebagai salah satu stakeholder terhadap layanan yang didapatkan di ITDA Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas layanan dan kualitas informasi yang diberikan oleh FTI ITDA berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, juga untuk mengetahui atribut apa saja yang harus di perbaiki dan dipertahankan terhadap kepuasan mahasiswa FTI ITDA Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode SEM-PLS dan IPA (Importance Performance Analysis). Hasil pengolahan data menggunakan SEM-SmartPLS, menunjukkan bahwa terdapat 0,739 (73,9%) pengaruh dari kualitas layanan dan kualitas informasi terhadap kepuasan mahasiswa pada tingkat kinerja dan terdapat 0,456 (45,6 %) pengaruh dari kualitas layanan dan kualitas informasi terhadap kepuasan mahasiswa pada tingkat kepentingan/harapan. Hasil pengolahan data menggunakan Importance Performance Analyisis (IPA) menghasilkan gap yang tinggi dan harus menjadi prioritas utama dalam perbaikan yaitu pada atribut kualitas layanan dengan gap sebesar -1,24 (ITDA menyediakan akses internet yang memadai) dan pada kualitas informasi dengan gap sebesar -1,10 (Informasi pelaksanaan ujian, seminar Kerja Praktek, seminar proposal, dan sidang Tugas Akhir tepat waktu), adapun yang harus dipertahankan ialah pada atribut kualitas layanan dengan gap terendah yaitu sebesar -0,07 (Penampilan Tenaga Kependidikan, rapi, dan menarik) dan pada atribut kualitas infromasi dengan gap sebesar -0,30 (Sarana informasi menghasilkan informasi yang baik dan benar). Rata-rata tingkat kinerja sebesar 3,73 (baik) dan pada tingkat kepentingan/harapan sebesar 4,20 (tinggi). Maka kinerja kualitas layanan dan kualitas informasi perlu ditingkatkan terhadap kepuasan mahasiswa karena nilai tersebut diketahui lebih rendah jika dibandingkan dengan nilai tingkat kepentingan/harapan mahasiswa. Kata Kunci: Structural Equation Modeling (SEM), Partial Least Square (PLS), Importance Performance Analyisis (IPA), Kepuasan Mahasiswi


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MELANIA ANTICA
NIM : 18020059
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024