ANALISIS EFEKTIFITAS PENERAPAN FUEL TANKERING B737-800NG RUTE
YOGYAKARTA – KUALA LUMPUR – SOEKARNO HATTA |
Penulis RANGGA ELDI PRATAMA
Pembimbing : Bangga Dirgantara A., S.T., M.T. - Indro Lukito, S.T., M.Eng.
|
ABSTRAK :
ANALISIS EFEKTIFITAS PENERAPAN FUEL TANKERING
B737-800NG RUTE
YOGYAKARTA – KUALA LUMPUR – SOEKARNO HATTA
Rangga Eldi Pratama
16050097
ABSTRAK
Setiap perusahan menerapkan strategi - srategi dalam memperoleh keuntungan dan mengurangi biaya operasional salah satunya yaitu dengan metode fuel tankering. Bahan bakar yang dimuat dalam suatu penerbangan akan berpengaruh terhadap kapasitas muat, semakin besar bahan bakar yang di bawa maka semakin kecil kapasitas muat pesawat.
Metode ini memanfaatkan perbedaan harga bahan bakar di bandara kedatangan dengan hanya melakukan pengisian bahan bakar pada bandara asal. dengan digunakan teknik fuel tankering maka pesawat akan membawa lebih banyak bahan bakar untuk dapat melakukan dua misi terbang.
Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa saat dalam normal biaya bahan bakar yang dibutuhkan adalah sebesar Rp. 257.627.348, sedangkan dengan menggunakan fuel tankering membutuhkan biaya bahan bakar sebesar Rp. 239.006.193 maka didapatkan penghematan biaya bahan bakar sebesar Rp. 18.621.155 per penerbangan. kapasitas muat saat kondisi normal yaitu sebesar 17.478 kg, sedangkan pada saat fuel tankering yaitu 11.961 kg, nilai tersebut hanya dapat menampung sebanyak 139 penumpang.
Kata Kunci :Fuel Tankering, Kapasitas Muat, Bandara
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: RANGGA ELDI PRATAMA |
|
NIM |
: 16050097 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|