© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS BLEED AIR VALVE STUCK CLOSE PADA PESAWAT BOEING 737-900 ER DENGAN METODE FAULT TREE ANALYSIS DI PT. AVIA TECHNIC DIRGANTARA
Penulis
FIRGA FAJRI AGUNG RAHACTAMA
Pembimbing : Arif Pambekti, S.T., M.Eng - Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc

ABSTRAK :
ABSTRAK Auxiliary Power Unit (APU) merupakan mesin turbin gas kecil yang berfungsi sebagai suplai pneumatic dan electrical. Suplai pneumatic berasal dari bleed air system pada APU. Suplai pneumatic oleh APU digunakan untuk main engine start, air conditioning, dan pressurization. Dalam penelitian ini, metode observasi langsung digunakan untuk mengamati dan menganalisis penanganan perawatan pesawat Boeing 737-900 ER pada kerusakan APU. Subjek pada penelitian ini adalah sistem APU Boeing 737- 900. Selain itu pada penelitian ini digunakan metode fault tree analysis untuk mencari kemungkinan penyebab yang ada pada permasalahan sistem APU Boeing 737-000. Proses troubleshooting dan remove/install mengacu pada ATA 49, AMM (PAGEBLOCK 49-52-00), (PAGEBLOCK 49-52-00/400). Hasil dari penelitian ini didapatkan kerusakan pada selenoid valve, actuator spring load dan berdasarkan Analisa FTA didapatkan basic event yaitu foreign object damage (FOD), korosi pada permukaan actuator,korosi pada selenoid valve ,spring bend spring broken. KATA KUNCI: APU,Selenoid valve,actuator.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : FIRGA FAJRI AGUNG RAHACTAMA
NIM : 19060039
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024