© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENANGANAN DAN ANALISIS KEGAGALAN OPERASIONAL LEADING EDGE FLAP BOEING 737-800 NG SRIWIJAYA AIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS
Penulis
MAULANA AKBAR FEBRIANSYAH
Pembimbing : Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc. - Arif Pambekti, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
ABSTRAK Pesawat terbang dituntut untuk terus dalam kondisi laik terbang. Kelaikan terbang pada pesawat didukung oleh beberapa sistem, salah satunya yaitu leading edge flap. Leading edge flap merupakan komponen penambah gaya angkat yang termasuk ke dalam leading edge devices dan penggunaannya dikombinasikan dengan trailing edge flap agar pesawat beroperasi dengan runway yang pendek. Penggunaan dari leading edge devices memberikan perubahan dalam wing chamber yang berguna untuk menambah gaya angkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan serta menganalisis Leading Edge Flap Slow Respon pada pesawat boeing 737-800 NG di PT. Sriwijaya Air. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengobservasi secara langsung kejadian di Line Maintenance Bandar Udara Soekarno Hatta. Selain itu peneliti juga menggunakan metode fault tree analysis untuk menganalisis penyebab terjadinya Leading Edge Flap Slow Respon pada pesawat boeing 737- 800 NG. Hasil penelitian ini yaitu adanya kotoran yang menempel pada seal dan permukaan actuator sehingga seal mengalami gesekan terus menerus yang mengakibatkan terjadi aus pada seal. Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengganti actuator dan funtional test leading edge flap actuator. Berdasarkan analisis menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA), didapatkan 6 basic event yang mengakibatkan terjadinya Leading Edge Flap Slow Respon. Kata Kunci: Leading Edge Flap Slow Respon, Boeing 737-800 NG, FTA


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MAULANA AKBAR FEBRIANSYAH
NIM : 18060048
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024