PENANGANAN DAN ANALISIS KEGAGALAN
OPERASIONAL LEADING EDGE FLAP
BOEING 737-800 NG SRIWIJAYA AIR DENGAN
MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS |
Penulis MAULANA AKBAR FEBRIANSYAH
Pembimbing : Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc. - Arif Pambekti, S.T., M.Eng.
|
ABSTRAK :
ABSTRAK
Pesawat terbang dituntut untuk terus dalam kondisi laik terbang. Kelaikan
terbang pada pesawat didukung oleh beberapa sistem, salah satunya yaitu leading
edge flap. Leading edge flap merupakan komponen penambah gaya angkat yang
termasuk ke dalam leading edge devices dan penggunaannya dikombinasikan
dengan trailing edge flap agar pesawat beroperasi dengan runway yang pendek.
Penggunaan dari leading edge devices memberikan perubahan dalam wing
chamber yang berguna untuk menambah gaya angkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan serta menganalisis
Leading Edge Flap Slow Respon pada pesawat boeing 737-800 NG di PT. Sriwijaya
Air. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengobservasi
secara langsung kejadian di Line Maintenance Bandar Udara Soekarno Hatta.
Selain itu peneliti juga menggunakan metode fault tree analysis untuk menganalisis
penyebab terjadinya Leading Edge Flap Slow Respon pada pesawat boeing 737-
800 NG.
Hasil penelitian ini yaitu adanya kotoran yang menempel pada seal dan
permukaan actuator sehingga seal mengalami gesekan terus menerus yang
mengakibatkan terjadi aus pada seal. Tindakan yang dapat dilakukan untuk
mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengganti actuator dan funtional
test leading edge flap actuator. Berdasarkan analisis menggunakan metode Fault
Tree Analysis (FTA), didapatkan 6 basic event yang mengakibatkan terjadinya
Leading Edge Flap Slow Respon.
Kata Kunci: Leading Edge Flap Slow Respon, Boeing 737-800 NG, FTA
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: MAULANA AKBAR FEBRIANSYAH |
|
NIM |
: 18060048 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|