ABSTRAK :
ABSTRAK
Kdx Exhaust Concept merupakan salah satu produsen knalpot yang menjual
knalpot motor yang berlokasi di Yogyakarta. Persaingan pada ruang pasar
khususnya pada ruang pasar dimana Kdx Exhaust Concept berkompetisi menjadi
tidak sehat. Faktor-faktor yang menjadi kompetisi diantara ke tiga prodsen tersebut
yaitu: harga, kualitas produk, promosi, keputusan pembelian, kualitas bahan,
tempat, pelayanan, dan inovasi produk. Akibatnya strategi ini, semakin banyak
perusahaan ke jalur persaingan yang semakin rumit untuk memenangkan pasar.
Bisnis knalpot memiliki potensi berkembang yang cukup besar di
Yogyakarta. Ketatnya persaingan dalam bisnis otomotif menjadi alasan yang kuat
dalam menerapkan strategi bisnis yang tepat guna bertahan dan memenangkan
persaingan. Tujuan penelitian ini adalah merancang strategi pemasaran yang
berfokus untuk membuat perumusan strategi bisnis yang sesuai untuk
memenangkan pasar dengan melalui metode pendekatan SWOT (Strength,
Weakness, Oportunity, dan Threats ).
Hasil penelitian menunjukan bahwa Kdx Exhaust kalah 5 variabel internal
dari dua kompetitornya yaitu pada variabel promosi, keputusan pembelian, tempat,
pelayanan, dan inovasi produk. Dan hanya mampu memenangkan 3 variabel saja
yaitu, pada harga produk, kualitas produk dan kualitas bahan. Strategi berdasarkan
prinsip Swot adalah melakukan inovasi nilai dengan meningkatkan nilai manfaat
sekaligus mengurangi biaya. Strategi yang dibutuhkan Kdx Exhaust dimana
terdapat dua strategi usulan yaitu yang pertama pemanfaatan sosial media agar
mampu menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, dan juga meningkatkan
pelayanan dengan cara menambahka customer service untuk menerima pertanyaan
seputar produk dan keluhan pelanggan.
Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategy Bersaing.
|