© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN SWOT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DALAM PERSAINGAN BISNIS (Studi Kasus: Ukm. Knalpot Kdx exhaust Concept, Di Cangkringan,Sleman)
Penulis
AJI SUNYOTO
Pembimbing : Uyuunul Mauizdoh. S.T., M.T - Riani Nurdin, S.T.,MSc

ABSTRAK :
ABSTRAK Kdx Exhaust Concept merupakan salah satu produsen knalpot yang menjual knalpot motor yang berlokasi di Yogyakarta. Persaingan pada ruang pasar khususnya pada ruang pasar dimana Kdx Exhaust Concept berkompetisi menjadi tidak sehat. Faktor-faktor yang menjadi kompetisi diantara ke tiga prodsen tersebut yaitu: harga, kualitas produk, promosi, keputusan pembelian, kualitas bahan, tempat, pelayanan, dan inovasi produk. Akibatnya strategi ini, semakin banyak perusahaan ke jalur persaingan yang semakin rumit untuk memenangkan pasar. Bisnis knalpot memiliki potensi berkembang yang cukup besar di Yogyakarta. Ketatnya persaingan dalam bisnis otomotif menjadi alasan yang kuat dalam menerapkan strategi bisnis yang tepat guna bertahan dan memenangkan persaingan. Tujuan penelitian ini adalah merancang strategi pemasaran yang berfokus untuk membuat perumusan strategi bisnis yang sesuai untuk memenangkan pasar dengan melalui metode pendekatan SWOT (Strength, Weakness, Oportunity, dan Threats ). Hasil penelitian menunjukan bahwa Kdx Exhaust kalah 5 variabel internal dari dua kompetitornya yaitu pada variabel promosi, keputusan pembelian, tempat, pelayanan, dan inovasi produk. Dan hanya mampu memenangkan 3 variabel saja yaitu, pada harga produk, kualitas produk dan kualitas bahan. Strategi berdasarkan prinsip Swot adalah melakukan inovasi nilai dengan meningkatkan nilai manfaat sekaligus mengurangi biaya. Strategi yang dibutuhkan Kdx Exhaust dimana terdapat dua strategi usulan yaitu yang pertama pemanfaatan sosial media agar mampu menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, dan juga meningkatkan pelayanan dengan cara menambahka customer service untuk menerima pertanyaan seputar produk dan keluhan pelanggan. Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategy Bersaing.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : AJI SUNYOTO
NIM : 16020047
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024