ABSTRAK :
ANALISIS NUMERIK KARAKTERISTIK AERODINAMIKA PADA
AIRFOIL NACA 2412 DENGAN TAMBAHAN KONFIGURASI FLAP
DAN SLAT
Ditulis oleh:
Syahrizal
NIM : 17040056
Pembimbing I : Bahrul Jalaali, S.T., M.Eng.
Pembimbing II : Dr. Okto Dinaryanto, S.T., M.M., M.Eng.
ABSTRAK
Kemajuan teknologi era modern semakin cepat. Salah satunya pesawat
terbang yang membuat jarak dan waktu tempuh menjadi lebih efisien dan
ekonomis. Ide awal yang menjadi dasar proyek Easy-Fly adalah merancang pesawat
STOL (Short Take-off and Landing) ultra-light dengan karakteristik drag dan
kecepatan yang sangat rendah. Desain dan analisis yang diterapkan pada pesawat
STOL adalah sistem high-lift yaitu flap dan slat didesain retractable untuk memiliki
karakteristik drag yang rendah dalam kondisi cruise dan koefisien lift maksimum
yang sangat tinggi dalam kondisi takeoff dan landing ditandai dengan kecepatan 20
m/s.
Analisis numerik dilakukan secara komputasi menggunakan CFD
(Computational Fluid Dynamics) dengan variasi konfigurasi single-slotted flap dan
slat pada airfoil NACA 2412 pada berbagai sudut serang. Berdasarkan hasil
penelitian, konfigurasi defleksi flap 30° menghasilkan CLmax sebesar 2,7127 dan
defleksi flap 40° CLmax sebesar 2,77057 pada sudut serang 14°. Penerapan
konfigurasi slat pada airfoil NACA 2412 mampu menunda separasi udara hingga
mencapai sudut serang maksimum 24° pada defleksi flap 30° dan nilai CLmax
meningkat hingga 3,55792 pada defleksi flap 30° dan 3,41132 pada defleksi flap
40°. Tambahan konfigurasi sistem high-lift pada airfoil NACA 2412, camber dan
effective chordline dari airfoil berubah sehingga menyebabkan peningkatan
signifikan terhadap nilai CL, CD dan stall angle.
Kata kunci: NACA 2412, short takeoff and landing, flap, slat, angle of attack,
computational fluid dynamics
|