ABSTRAK :
ABSTRAK
Penelitian ini mengambil judul “Analisis Break Even Point untuk
perencanaan laba pada CV. Karya Wiguna Sentosa”. Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk mengetahui titik impas setiap produk di CV. Karya Wiguna
Sentosa periode tahun 2021. Objek penelitian dari penelitian ini adalah CV. Karya
Wiguna Sentosa yang berlokasi di jalan KH. Muhdi Sombomerten No.100A
Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Periode data yang digunakan pada penelitian
ini adalah data tahun 2020 dan 2021.
Penelitian ini memfokuskan kepada perencanaan laba di tahun 2022 serta
hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan laba seperti contribution margin, break
even point, margin of safety. Pada penelitian ini menggunakan metode pemisahan
biaya dengan metode titik tertinggi dan terendah, perhitungan break even point, dan
perencanaan laba. Hasil perhitungan pada penelitian ini diperoleh bahwa produkproduk
di CV. Karya Wiguna Sentosa ada yang mencapai titik impas yaitu produk
baju pasien, hem dokter, setelan baju scrub, mitela, dan laken besar non bangsal,
adapun produk yang tidak mencapai titik impas yaitu produk slop bantal
waterproof, slop guling waterproof, dan laken brancard ADMI. Dengan hasil
perencanaan laba untuk periode tahun 2022 di CV. Karya Wiguna Sentosa adalah
baju pasien sebesar Rp 28.663.961, produk hem dokter sebesar Rp 17.765.518,
produk setelan baju scrub sebesar Rp 30.672.948, produk mitela sebesar Rp
2.876.857, produk laken besar non bangsal sebesar Rp 26.812.693, dengan hasil
perhitungaan margin of safety penjualan tiap produk yaitu produk baju pasien
sebesar 43%, produk hem dokter sebesar 32%, produk setelan baju scrub sebesar
45%, produk mitela sebesar 7%, produk laken besar non bangsal sebesar 42%.
Kata kunci: Break Even Point (BEP), Perencanaan laba
|