ABSTRAK :
IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA TOKO MARINA MART UNTUK MENENTUKAN TREN PENJUALAN
Oleh:
Raden Hanif Fandika Arga Sagara
16030006
INTISARI
Bisnis ritel menjadi salah satu sektor usaha yang terperosok paling dalam akibat pandemi covid-19. Sejumlah perusahaan ritel mengalami kerugian. Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menerapkan memberlakukan program promosi. Ada banyak jenis promosi yang bisa ditawarkan salah satunya dengan menerapkan tren penjualan sejenis bundling product maupun promosi lainnya pada toko. Hal tersebut tentu menuntut inovasi para pelaku bisnis dalam menetapkan tren penjualan dalam hal ini adalah bundling product untuk dapat menjamin keberlangsungan bisnisnya. Dengan menetapkan tren penjualan sejenis bundling product yang tepat, diharapkan meningkatkan omzet dan mampu mengantisipasi persaingan yang terjadi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan proses data mining pada data transaksi penjualan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem data mining pembentukan kombinasi itemset dengan menerapkan Algoritma Apriori. Alur pembuatan sistem ini meliputi perencanaan, pengumpulan data, perancangan sistem, implementasi sistem dan pengujian. Sistem diuji dengan menggunakan dua pengujian, yaitu uji perhitungan manual dan uji kesesuaian hasil. Pada uji perhitungan manual yaitu dilakukan perhitungan menggunakan persamaan Algoritma, sedangkan uji kesesuaian hasil yaitu dilakukan perbandingan antara data yang tampil pada sistem dengan data perhitungan manual menggunakan Microsoft excel, dalam pengujian kesesuaian hasil, sistem mendapatkan persentase kesesuaian sebesar 100%.
Kata Kunci: Algoritma Apriori, Data Mining, Toko Marina Mart.
|