ABSTRAK :
ABSTRAK
Mechanical flap adalah beberapa komponen yang ada di flap system yang
bertugas untuk membantu dalam mengatur pergerakan flap surface baik itu retract
maupun extend sesuai perintah dari flap control lever yang ada di cockpit. Flap
system yang terdapat pada pesawat Boeing 737-500 memiliki fungsi yaitu untuk
meningkatkan gaya angkat (lift) dari sayap pesawat sesuai dengan yang ditentukan
saat pesawat akan melakukan takeoff hingga climbing.
Analisa kegagalan flap pada pesawat berdasarkan hasil observasi dan
informasi yang didapatkan di PT. Merpati Maintenance Facility. Selain itu penelitian
ini juga menggunakan metode fault tree analysis untuk mendapatkan penyebab
permasalahan tidak bisa beroperasinya flap pada pesawat Boeing 737-500.
Pada saat dilakukannya inspeksi apa penyebab dari permasalahan tersebut,
ditemukan komponen flap hydraulic motor terjadi kerusakan dimana dinding silinder
piston tergores dan kerusakan pada piston silinder. Hal ini disebabkan karena foreign
object damage (FOD) masuk bersamaan dengan cairan hidraulik. Karena kerusakan
pada flap hydraulic motor tidak dapat diperbaiki, maka dilakukan replacement pada
komponen flap hydraulic motor secara keseluruhan. Dengan menganalisis penyebab
kegagalan pada operational flaps menggunakan metode FTA didapatkan 10 basic
event yang terdiri dari piston stuck, piston and piston wall scratched, gear reduction
no lubricte, gear reduction aus, high tension cable, low tension cable, cam roller
broken, linkage broken, slide assembly stuck, control unit linkage stuck.
Kata kunci: Mechanical flap, Flap system, Flap hydraulic motor, Fault tree analysis
|