© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISA KEGAGALAN STEERING SYSTEM PADA PESAWAT BOEING 737 - 900 ER MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS DI PT. BATAM AERO TECHNIC
Penulis
RUDY AFNOTA PURBA
Pembimbing : C.Sukaca B., S.T., M.T. - Agung prakosa, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
ABSTRAK Pesawat Boeing 737-900 ER, Pertama kali diluncurkan pada tanggal 18 Juli 2005 Pesawat yang pertama kali digunakan oleh Lion Air. Cockpit pesawat Boeing 737-900 ER (Extended Range), telah dilengkapi dengan Head Up Display (HUD). Landing gear pesawat Boeing 737 – 900 ER memiliki konfigurasi dengan type tricycle with air/oil shock struts. Landing gear terdiri dari dua bagian yaitu Main gear dan Nose gear. Untuk menjaga pesawat agar tetap aman dan dapat dikendalikan, maka landing gear harus dilakukan maintenance secara berkala. Pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan informasi dari berbagai narasumber. Dalam penelitian ini juga menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) untuk mengetahui akar penyebab kegagalan dari Wheel steering system pada pesawat Boeing 737 - 900 ER. Hasil dari penelitian tentang permasalahan Steering system pesawat Boeing 737 - 900 ER adalah dengan menganalisis penyebab kegagalan pada wheel steering system menggunakan Fault Tree Analysis (FTA) didapatkan 3 basic event yang terdiri vibration, lubrication, corossion yang dapat memicu terjadinya top event. Kata Kunci:Landing gear, Nose wheel steering, Functional test


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : RUDY AFNOTA PURBA
NIM : 19060005
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024