© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KEGAGALAN BRAKE SYSTEM PADA MAIN LANDING GEAR BOEING 737-500 MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS DI HANGGAR PT. MERPATI MAINTANANCE FACILITY
Penulis
M SARDAN
Pembimbing : Arif Pambekti, S.T, M.Eng. - C. Sukaca B, S.T., M.T.

ABSTRAK :
ABSTRAK Pesawat Boeing 737 – 500 didukung oleh enam tire yang terbagi pada Main Gear dan Nose Gear. Setiap Main Wheel dilengkapi dengan unit rem multicakram (multi disc brake) yang digerakkan oleh hidraulik. Rem dapat digunakan secara manual dengan pedal rem pada cockpit atau secara otomatis dengan sistem rem otomatis yang dikendalikan dengan Selector Valve di panel kontrol pilot. Analisa kegagalan yang terjadi pada brake system ini di dasari dengan observasi dan informasi yang di dapatkan dari instruktur lapangan dan mekanik. Selain menggunkan metode observasi penelitian ini juga menggunakan fault tree analysis untuk mendapatkan penyebab permasalahan kehilangan total kemampuan pengereman pada pesawat Boeing 737-500. Setelah mengetahui permasalahan, maka di lakukan proses inspeksi awal berdasarkan Aircraft Maintanance Manual Chapter 32 Landing gear, Page block 601-699 . Kegagalan berasal dari brake shuttle valve dan brake matering valve yang mengalami kebocoran, Akibat terjadinya kebocoran pada brake shuttle valve dan brake matering valve yaitu karena pemasangan yang kurang baik sehingga mengakibatkan kerusakan. Analisa penyebab terkait dengan permasalahan Total los of braking ability dengan menggunakan metode fault tree analysis, di dapatkan 7 basic event: Valve rusak,hidrolik kurang,seal rusak,torsi tidak sesuai,hidrolik kurang,valve bocor,corosi. Kata Kunci : Brake system,Total loss off braking ability,fault tree analysis , Boeing 737-500


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : M SARDAN
NIM : 19060008
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024