© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS DAN PENANGANAN KERUSAKAN SISTEM ENGINE ANTI-ICING PADA PESAWAT BOEING 737-800 NG DI HANGGAR 4 PT. GMF AEROASIA Tbk.
Penulis
GAIZKA HENDAVA
Pembimbing : Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc. - Indro Lukito, S.T.,M.Eng

ABSTRAK :
ABSTRAK Anti-icing merupakan suatu sistem yang ada di pesawat untuk mencegah terjadinya pembentukan es pada struktur kritis pesawat atau bagian bagian yang dapat mengganggu mobilitas pesawat. Sistem anti-icing ditenagai oleh 2 sumber utama yaitu hot air yang diambil dari high pressure compressor dan electric heat. icing yang terjadi pada pesawat mengakibatkan bertambahnya drag, berkurangnya lift, bertambahnya berat pada pesawat, dan mengurangi thrust. Selain itu es yang terbentuk juga dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen kritis pada pesawat Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah observasi langsung untuk mengamati dan menganalisis proses troubleshooting pada engine anti-icing. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode fault tree analysis untuk mengetahui akar dari penyebab kerusakan engine anti-icing Boeing 737-800 NG. Hasil dari penelitian tentang kerusakan engine anti-icing adalah komponen thermal anti-ice mengalami stuck. Sehingga perlu dilakukan penggantian komponen tersebut sesuai prosedur AMM Boeing 737-800 NG task 30-21-11-000-801. Hasil dari analisis menggunakan metode fault tree analysis didapatkan 15 basic event yaitu Control Solenoid Fault, Valve Corrosion, Disk Bending, Oxidation, Corrosion, Cable Broken, Lamp Weak, Connector Loose, Pipe Leaking, Short Circuit Kata kunci: Anti-icing, fault tree analysis, troubleshooting


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : GAIZKA HENDAVA
NIM : 19060012
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024