© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENERAPAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) SEBAGAI ANALISA UNTUK KEGAGALAN FUEL SYSTEM PESAWAT GROB G 120 TP-A
Penulis
ADIANTO GAMAPUTRA
Pembimbing : Sri Mulyani, S.T., M.Eng. - Lazuardy Rahendra Pinandhita,S.T.,M.T.

ABSTRAK :
Perawatan pesawat adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan pada seluruh sistem pesawat terbang karena setiap komponen mempunyai Reliability dan batas usia tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi faktor-faktor yang bisa menyebabkan kegagalan, dan melakukan indentifikasi dampak terhadap kerusakan Fuel System dan untuk menghindari terjadinya kegagalan pada komponen Fuel System pada pesawat GROB G 120 TP-2 A. Data yang digunakan berupa buku harian perawatan dari Skadron Teknik 043 Tahun 2019-2020. Metode yang digunakan adalah metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Logic Tree Analysis (LTA), perhitungan nilai Risk Priority Number (RPN). Langkah pertama adalah mengidentifikasi kegagalan pada tiap komponen. Setiap mode kegagalan dan efek kegagalan yang terjadi pada setiap komponen dijabarkan kedalam table FMEA. Kemudian analisis nilai Risk Priority Number (RPN) dengan melihat tingkat keparahan (Saverity), tingkat kejadian (Occurance) dan tingkat deteksi (Detection) dari tiap komponen. Komponen-komponen Fuel System adalah Stanby Fuel Pump menyala atau Fail, Fuel Leak dari Drain Valve, Fuel Press Fluctuate, Fuel Flo, Fuel Tranfer Fail, dan Fuel Quantity Berdasarkan hasil nilai RPN untuk keenam kasus penyebab memiliki tingkat kegagalan sedang. Dari keenam kasus tersebut dapat diidentifikasi penyebab yang sering terjadi, yaitu pada kasus Stanby Fuel Pump menyala atau Fail dengan nilai RPN 216 dikarenakan frekuensi kejadian sebesar 17, nilai RPN tertinggi dari Fuel System ialah adanya Stanby Fuel Pump menyala atau Fail, dengan nilai RPN sebesar 216 dan juga dilihat dari perhitungan berdasarkan Criticaly Number berdasarkan data dari Severity (S) dan Occurance (O) untuk menentukan rekomendasi perawatan bahwa Stanby Fuel Pump menyala atau Fail memiliki nilai Criticaly yang lebih tinggi di banding dengan komponen yang lainnya. Kata Kunci: Fuel System, FMEA, RPN, Critically Number, Grob G 120 TP-A


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ADIANTO GAMAPUTRA
NIM : 17050053
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024