© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENANGANAN DAN ANALISA HIGH OIL CONSUMPTION PADA AUXILIARY POWER UNIT PESAWAT BOEING 737-800 NEXT GENERATION DI HANGAR 4 PT.GMF AEROASIA
Penulis
RYAN KUSUMA DALIMARTHA
Pembimbing : Agung Praksoso, S.T., M.Eng. - Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc.

ABSTRAK :
ABSTRAK APU adalah salah satu bagian penting dari pesawat Boeing 737-800NG yang terletak pada bagian ekor pesawat dan berfungsi sebagai penghasil listrik dan pemberi tenaga pneumatik (udara bertekanan) untuk starting engine pada saat pesawat di ground. Pemeriksaan pada APU dilakukan pada saat perawatan terjadwal di hangar 4 PT. GMF AeroAsia. Saat pesawat melaksanakan engine run up terjadi message fail berupa indicator panel P5 MAINT light pada auxiliary power unit menyala dan terlihat adanya oli yang menetes dari bagian aft drain APU. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan high oil consumption adalah metode kualitatif dengan melakukan Troubleshooting high oil consumption yang mengacu pada Fault isolation manual (FIM) 49-95 task 801. Penyebab terjadinya APU high consumption oil adalah adanya peningkatan komsumsi oli yang melebihi limitasi dari yang diperbolehkan pada AMM, peningkatan konsumsi oli terjadi karena adanya kerusakan pada komponen Oil cooler. Pada komponen Oil Cooler terdapat permasalahan rusaknya kedua packing pada supply dan return tube. Terjadinya kerusakan pada packing dapat diakibatkan karena masa pemakaian yang lama yang menyebabkan penurunan kekuatan packing untuk menahan kebocoran pada sambungan tube. Kata kunci: APU, APU high oil consumption, oil cooler.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : RYAN KUSUMA DALIMARTHA
NIM : 17060015
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024