© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS BEBAN KERJA DAN PENGHITUNGAN JUMLAH MINIMUM PERSONIL AIRCRAFT MAINTENANCE DI HANGAR MAINTENANCE REPAIR OVERHAUL
Penulis
IGNASIUS BENNY KURNIAWAN WIDIHANDOKO
Pembimbing : Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc. - Indro Lukito, S.T.,M.Eng

ABSTRAK :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat beban kerja yang dialami oleh personil-personil, dan Mengetahui jumlah tenaga atau minimum personil Divisi Maintenance Facility di hangar 4 Garuda Maintenance facility. Manfaat penelitian ini dapat mengetahui sistem kerja Perawatan pesawat khususnya Line Maintenance dan C-check, mengetahui tingkat beban kerja yang dialami personil GMF khususnya Aircraft Maintenance di hangar 4 GMF AeroAsia, dan mengetahui jumlah kebutuhan minimum personil GMF saat menjalani C-check baik dengan menggunakan pesawat B737-800 dan Airbus A320. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung beban Kerja dengan menggunakan metode NASA-TLX. Penelitian ini juga didasarkan pada beban mental dari pekerja dalam setiap aktivitas yang dilakukan yang dinilai secara subjektif. Hasil pengukuran beban kerja pada personil divisi perawatan pesawat menggunakan metode NASA-TLX menunjukan beban kerja dari 9 jabatan pada hangar 4 Garuda Maintenance Facility yaitu memiliki beban kerja yang tinggi. Nilai rata-rata dari setiap jabatan yaitu 58,33 untuk Chief Line Maintenance B737-800, 60,55 untuk Line Maintenance B737-800, 72,67 untuk Chief Line Maintenance A320, 72,33 untuk Line Maintenance A320, 66,33 untuk Chief Ground Support Equipment, 58,5 untuk Ground Support Equipment, 73,83 untuk Material Store, 79 untuk Chief Avionic, 76,83 untuk Avionic. Kata kunci: beban kerja, metode NASA-TLX.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : IGNASIUS BENNY KURNIAWAN WIDIHANDOKO
NIM : 19060013
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024