ABSTRAK :
ABSTRAK
Pada pesawat Boeing 737-800 NG terdapat auxiliary power unit yang
berfungsi untuk menyuplai pneumatic dan electrical pada pada saat di darat
maupaun saat di udara. Selain itu auxiliary power unit juga berguna untuk starting
engine pesawat. Auxiliary power unit menghasilkan pneumatic untuk air
conditioning system pada pesawat, serta menghasilkan listrik untuk kelistrikan pada
pesawat seperti lightning system pada pesawat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab auxuliary power unit
mengalami automatic shutdown pada hanggar 4 PT. GMF AeroAsia dengan
menggunakan metode analisis fault tree analysis. Pada saat inspeksi permasalahan
dilakukan BITE-test untuk mengidentifikasi penyebab permasalahan tersebut.
Kemudian ditemukan bahwa penyebab automatic shutdown pada auxilliary
power unit adalah high oil temperature. Setelah ditemukan penyebabnya kemudian
dilakukan inspeksi pada oil cooler sesuai dengan FIM. Pada saat inspeksi oil cooler
ditemukan adanya korosi pada permukaan air fins. Sehingga membuat oil cooler
bekerja dengan tidak maksimal dan harus diganti. Setelah dilakukan replacement
oil cooler maka dilanjutkan dengan menganalisa penyebab-penyebab kegagalan
yang mungkin muncul menggunakan metode fault tree analysis. Hasilnya 6 basic
event yaitu Clooged/Dirty, Oil Leak, Silver Particle, Large Metal Particle, Valve
Stuck, Valve Leak.
Kata Kunci: auxiliary power unit, automatic shutdown, high oil temperature, oil
cooler, fault tree analysis.
|